ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Agar Tak Rusak Lagi, Jalan di Jatinegara Bakal Diperbaiki Permanen

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 13:05 WIB
Jl Bekasi Timur yang sebelumnya rusak kini sudah diratakan. 5 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Foto: Jl Bekasi Timur yang sebelumnya rusak kini sudah diratakan. 5 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Warga mengkhawatirkan Jl Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta Timur bakal rusak lagi meski sudah ditambal. Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyebut akan memperbaiki secara permanen ruas jalan tersebut.

"Nanti selanjutnya akan kita perbaiki secara permanen," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho kepada detikcom, Kamis (7/7/2022).

Hari mengatakan perbaikan jalan bergelombang yang sempat membuat pemotor berinisial R (55) terjatuh hingga tewas terlindas truk itu tak hanya berhenti pada penambalan. Perbaikan sebut Hari bakal dilakukan lebih mendalam.

"Agar kekuatan dan life time nya lebih lama untuk terjadi kerusakan kembali. Nanti aspalnya di-mailing atau di-scrap, diganti lapisan bawahnya baru kita hotmix dengan ketebalan 11 cm sehingga jadi kuat," tuturnya.

Dia mengetakan Dinas Bina Marga tengah melakukan persiapan perbaikan permanen jalan bergelombang tersebut. Menurutnya, pengerjaan perbaikan itu bakal dilakukan pekan depan.

"Sepertinya minggu depan akan kita kerjakan. Minggu ini dalam proses persiapan," ujarnya.

Warga Khawatir Aspal Rusak Lagi

Salah seorang warga bernama Indra (43) mengaku sudah mengetahui Jl Bekasi Timur yang bergelombang itu kini telah diratakan. Indra pun sudah melintas di atas jalan tersebut.

"Jam 07.00 WIB saya lewat pagi. Tadi pagi saya lewat situ kondisi jalan udah bagus gitu," kata Indra saat ditemui di kawasan Jl Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (4/7/2022).

Indra menyebut jalan bergelombang itu sudah pernah diperbaiki dengan ditambal dan diratakan tapi kembali bergelombang. Dia mengaku senang jalan itu telah diratakan lagi.

"Ya kalau buat seneng ya seneng tapi kan kasihan kalau rusak lagi rusak lagi kasihan pengguna jalan yang lain gitu," ujarnya.

Dia mengatakan, jika perbaikan hanya dilakukan dengan penambalan aspal, jalan itu akan kembali bergelombang. Indra bahkan menargetkan jalan itu bakal kembali bergelombang satu minggu dari sekarang.

"Cuma ya nanti kita lihat ke depannya ya kalau perhitungan saya satu minggulah, satu minggu itu akan hancur lagi itu jalan," ucapnya.

"Nanti seminggu kemudian begitu lagi, itu kan karena itu kan awalnya ada yang bilang sumur tua, dulu kan penjara ini kan sampai situ, itu penjara temboknya sampai situ. Jadi kek sumur tua, jadi walaupun ditambal, malam ditambal, ya paling seminggu udah begitu lagi karena dia rembes lagi," lanjutnya.

Simak juga 'Anies Ganti Nama Jalan di Jakarta: Ini Tak Selesai di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT