ADVERTISEMENT

Isu Mundur hingga Suap Jelang Sidang Etik, Lili Pintauli di Mana?

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 11:36 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Lili Pintauli Siregar (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar akan menjalani sidang etik terkait dugaan penerimaan fasilitas MotoGP Mandalika hari ini. Berbagai isu juga bermunculan menjelang sidang etik Lili digelar. Lantas, di manakah saat ini Lili berada?

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Lili disebut hadir pada saat KPK menggelar kegiatan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) untuk Partai Golkar, Selasa (28/6). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Auditorium Randi-Yusuf Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan.

Namun, hingga saat ini belum diketahui keberadaan Lili menjelang pelaksanaan sidang etik. Selain itu, dari informasi yang dihimpun detikcom, Lili diketahui tengah berdinas ke luar kota pada Jumat (1/7), tapi setelah itu belum diketahui lagi di mana Lili berada.

Di sisi lain, diketahui Lili berada di Bali terkait dengan Pertemuan Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20. Dari foto yang didapat, tampak Lili bersama dengan Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tengah berada di acara tersebut.

Redaksi detikcom sudah mencoba melakukan konfirmasi perihal keberadaan Lili ke KPK. Namun Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri dan Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kurding belum memberikan respons.

Isu Lili mundur dari KPK sempat mencuat menjelang digelarnya sidang etik. Namun, KPK tidak menjawab secara pasti apakah benar atau tidak Lili Pintauli mundur.

"Informasi yang kami peroleh sampai dengan saat ini, Pimpinan KPK Ibu Lili Pintauli Siregar belum mengonfirmasi perihal tersebut dan masih berkonsentrasi menjalankan tugasnya serta agenda-agenda penugasan lainnya untuk beberapa waktu ke depan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Selain itu, Lili diisukan sempat ingin memberi suap demi lolos dari sidang etik di Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Dewas KPK mengaku tidak mendengar desas-desus itu.

"Saya tidak dengar tuh, baru tahu sekarang. Apa ada infonya yang akurat tolong disampaikan," ujar Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris, juga mengaku tidak tahu mengenai isu Lili ingin menyuap Dewas KPK terkait sidang etik. Dia juga mengatakan sidang etik terhadap Lili tetap digelar.

"Pastinya saya tidak tahu," ujarnya.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT