ADVERTISEMENT

Respons Dewas KPK Soal Lili Pintauli 2 Kali Diadili Etik

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 10:13 WIB
Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho bersiap mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik lima orang Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 yaitu Artidjo Alkostar, Harjono, Syamsuddin Haris, Tumpak Hatorangan Panggabean dan Albertina Ho. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Anggota Dewan Pengawas KPK, Albertina Ho (Antara Foto)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar akan menjalani sidang etik terkait dugaan penerimaan fasilitas MotoGP Mandalika hari ini. Sebelumnya, Lili juga pernah divonis lantaran melanggar kode etik dalam kasus Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial hingga gajinya dipangkas.

Dewas KPK Albertina Ho menjelaskan tim Dewas KPK sudah melakukan klarifikasi hingga pemeriksaan pendahuluan terhadap Lili. Sampai akhirnya, tim Dewas KPK memutuskan melanjutkannya ke sidang etik.

"Ya kita klarifikasi, sudah melakukan klarifikasi, sudah buat laporan hasil klarifikasi, kemudian sudah pemeriksaan pendahuluan, dan diputuskan masuk ke sidang etik," kata Albertina di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Albertina pun tak banyak menanggapi saat ditanya apa yang akan didalami pada sidang etik perdana Lili soal dugaan penerimaan fasilitas MotoGP Mandalika. Dia mengatakan pihaknya akan terlebih dulu melihat fakta persidangan.

"Kita kan nggak tahu ya sidang yang akan terjadi seperti apa. Kan Anda tahu juga di sidang-sidang kan nggak tahu apa yang terjadi kan," jelas Albertina.

"Nanti kita lihat lah fakta persidangan," sambungnya.

Sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan menggelar sidang etik Lili Pintauli pada 5 Juli ini. Lili akan disidang soal dugaan gratifikasi fasilitas MotoGP Mandalika yang diterimanya pada Maret lalu.

"Ya (sidang etik Lili Pintauli Siregar dijadwalkan tanggal 5 Juli)," kata Dewas KPK Albertina Ho saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (1/7).

Nantinya Dewas KPK akan memutuskan vonis terhadap dugaan fasilitas MotoGP yang didapat Lili. Jika Lili terbukti bersalah, Dewas KPK akan kembali menghukumnya.

Dewas KPM Albertina Ho sebelumnya memastikan dugaan pelanggaran kode etik Lili menemui babak baru. Albertina Ho menyebut Lili akan menjalani sidang etik.

"Dilanjutkan ke sidang etik," kata anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (28/6).

Lili sudah kesekian kalinya dilaporkan ke Dewas KPK. Terbaru, Lili diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Dalam laporan itu, Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika. Diketahui, Dewas KPK telah meminta konfirmasi pihak BUMN, yakni PT Pertamina, untuk membawa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perkara ini.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort.

Lili di sidang sebelumnya dinyatakan melanggar kode etik. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Lili Pintauli Diisukan Mengundurkan Diri, KPK: Belum Ada Konfirmasi

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT