ADVERTISEMENT

Suara Mahasiswa

Hikmahbudhi Puji Kapolri yang Turun Langsung Kawal Demo Mahasiswa

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 09:39 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berorasi dari atas mobil komando
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pimpinan DPR saat menemui massa demo/Foto: dok ist

Wiryawan berpendapat Sigit tak menutup mata soal masih banyaknya anggota Polri yang menyimpang dari aturan. Oleh sebab itu, Hikmahbudhi mendukung Sigit menindak tegas para oknum.

"Proses pendisiplinan anggota ini yang paling penting di Polri, karena bukan tidak menutup mata, Bapak Kapolri tahu banyak anggotanya yang nakal baik di tingkat polres, polda. Penindakan anggota penting dilakukan agar ada efek jera," katanya.

Selanjutnya, dia juga menyambut baik metode penyelesaian kasus yang tak melulu berakhir represif. Restorative justice, sambungnya, membuka ruang diskusi antarkedua belah pihak yang berperkara.

"Polri juga banyak menyelesaikan kasus dengan mengedepankan restorative justice, jadi ruang diskusi itu dibuka, bukan murni hanya penegakan hukum saja yang ditonjolkan. Tidak semua masalah diselesaikan dengan jalur pengadilan. Banyak sekali mediasi-mediasi yang dilakukan pihak jajaran polres maupun polda untuk menyelesaikan persoalan," terang dia.

Polri Dinilai Punya Andil Besar dalam Vaksinasi Covid-19

Wiryawan kemudian menyebut Polri memberikan kontribusi maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19, yakni melalui akselerasi vaksinasi hingga tingkat desa, bersama TNI.

"Kontribusi Polri saat ini sudah maksimal, yang dilakukannya bersama TNI seperti vaksinasi massal hingga booster massal. Kalau tidak ada Polri dan TNI mungkin 'massal'-nya tidak ada. Mungkin jadinya vaksinasi biasa yang hanya dihadiri beberapa orang," ungkapnya.

"Tapi ini Polri bekerja maksimal dengan strukturnya yang sampai ke tingkat desa, hingga vaksinasi Covid, pembagian sembako yang tak kalah penting saat negara hampir collapse karena pandemi, Polri berani digaris paling depan dan upayanya semua orang harus apresiasi itu," sambung Wiryawan.

Menurut Wiryawan, upaya Polri menggencarkan vaksinasi tak bisa dipungkiri dan patut diapresiasi. Dia menilai meratanya akselerasi vaksinasi tak lepas dari sosok Listyo Sigit yang ingin jajarannya bekerja secara kolektif.

"Tidak hanya kelompok mahasiswa, tapi saya pikir semua kelompok masyarakat harus mengapresiasi Polri terlepas dari masih banyaknya kekurangan, itu kan hal yang wajar. Kapolri sekarang ini, saya melihat, dia ingin jajarannya bekerja kolektif," tutur dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi dosis ketiga untuk elemen buruhFoto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi dosis ketiga untuk elemen buruh. (dok istimewa)

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT