ADVERTISEMENT

Apa Gerangan Pesan Zelensky yang Dibawa Jokowi ke Putin?

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 11:01 WIB
In this photo released by Indonesian Presidential Palace, Indonesian President Joko Widodo, right, shakes hands with his Ukrainian counterpart Volodymyr Zelensky during their meeting in Kyiv, Ukraine on Wednesday, June 29, 2022. Widodo, whose country holds the rotating presidency of the Group of 20 leading rich and developing nations, is currently on a tour to Ukraine and Russia for meetings with the leaders of the two warring nations following a visit to Germany to attend the Group of Seven summit. (Laily Rachev, Indonesian Presidential Palace via AP)
Zelensky dan Jokowi (AP/Laily Rachev)
Jakarta -

Dalam rangka mewujudkan perdamaian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi jembatan komunikasi dua pemimpin yang tidak akur, yakni Presiden Ukaina Volodymyr Zelensky dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Zelensky dan membawa pesan Zelensky ke Putin. Apa gerangan isi pesannya?

Zelensky menyambut Jokowi di Istana Marynsky, Kyiv Ukraina, Rabu (29/6).

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi sebagaimana disampaikan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut kunjungannya tersebut untuk misi perdamaian. Kunjungan tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian Indonesia terkait situasi yang dihadapi Ukraina.

Zelenksy menyambut baik Jokowi yang menjadi pemimpin negara Asia pertama yang datang ke Kyiv sejak awal perang. Dia berterima kasih kepada Jokowi.

Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)

Aksi 'Jokowi Sang Pembawa Pesan' ini menjadi sorotan dunia. Kantor berita dari Inggris, Reuters, hingga media Singapura, yakni Straits Times dan Channel News Asia, memberitakan langkah Jokowi.

Pada hari selanjutnya, giliran Putin yang disambangi Jokowi. Pertemuan digelar di Istana Kremlin, Kamis (30/6) kemarin. Pesan Zelensky telah disampaikan Jokowi ke Putin, langsung.

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucap Jokowi setelah bertemu Putin.

Namun hingga kini, belum terang betul sebenarnya apa isi pesan Zelensky yang dititipkan Jokowi dan akhirnya sampai ke Putin. Sejauh ini, hanya ada poin umum bahwa isu perdamaian menjadi prioritas Indonesia.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," tutur Jokowi.

Selanjutnya, Putin lebih banyak mengungkap soal wacana kerja sama Rusia-Indonesia meliputi ketertarikannya membantu pengembangan nuklir di Indonesia, penerbangan dari Moskow ke Bali, hingga tawaran bantuan pembangunann transportasi kereta di IKN Nusantara. Isu Rusia hanya disinggung sekelumit oleh Putin.

"Selama pembicaraan kami juga membahas beberapa masalah regional dan internasional yang mendesak lainnya. Saya memberi tahu Presiden secara rinci tentang perkembangan di Ukraina," kata Putin. Tak ada keterangan lebih lanjut dari Putin soal isu Ukraina dalam keterangan bersama Jokowi itu.

Selanjutnya, inikah gerangan pesan Zelensky yang dibawa Jokowi?

Simak Video 'Bertemu Putin, Jokowi: Saya Telah Sampaikan Pesan Zelensky':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT