ADVERTISEMENT

Media Asing Sorot Jokowi Tawarkan Jadi Pembawa Pesan Zelensky ke Putin

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 15:18 WIB
Tujuan Jokowi ke Ukraina sebagai agenda kunjungan kerja. Di sana, Presiden RI Joko Widodo juga bertemu dan berbincang dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky.
Jokowi bertemu Zelensky (Foto: via REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina. Jokowi mengatakan kunjungannya itu sebagai bentuk kepedulian Indonesia kepada Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan seperti dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Jokowi juga menegaskan posisi RI mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai. Tidak hanya itu, Jokowi juga menawarkan diri sebagai penyampai pesan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Media-media asing ramai memberitakan tentang tawaran Jokowi untuk menyampaikan pesan dari Zelensky ke Putin tersebut. Salah satunya, kantor berita Inggris, Reuters yang memberitakannya lewat artikel berjudul: "Indonesian president offers to take message from Ukraine's leader to Putin".

"Presiden Indonesia Joko Widodo menawarkan pada hari Rabu untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymr Zelensky kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian," demikian Reuters mengawali artikelnya.

"Jokowi adalah ketua negara-negara Grup 20 dan satu dari enam pemimpin yang ditunjuk oleh PBB sebagai "juara" dari Kelompok Tanggap Krisis Global, yang dibentuk untuk mengatasi ancaman kelaparan dan kemelaratan yang ditimbulkan oleh perang di Ukraina," tulis Reuters.

Media Singapura, Channel News Asia juga memberitakannya dengan menggunakan judul yang sama: "Indonesian president offers to take message from Ukraine's leader to Putin".

Media Singapura lainnya, The Straits Times, juga menulis artikel "Jokowi offers to deliver message from Ukraine's Zelensky to Putin". Media asing lainnya, Nikkei Asia juga memberitakannya dengan judul "Indonesia's Jokowi offers to broker peace in meeting with Zelenskyy".

Lihat Video: Momen Iriana Jokowi Peluk Korban Perang di Kyiv Ukraina

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT