ADVERTISEMENT

Jokowi: Kedatangan Saya ke Ukraina Wujud Kepedulian Masyarakat Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 10:00 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Jokowi mengatakan kedatangannya merupakan wujud kepedulian Indonesia kepada Ukraina.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, saya tidaklah sekadar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina," tulis Jokowi melalui Instagramnya, Kamis (30/6/2022).

Jokowi meminta agar perdamaian tidak pernah luntur. Dia mengaku menawarkan diri membawa pesan dari Zelenskyy ke Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula," tuturnya.

Jokowi menuturkan Ukraina sangat penting bagi rantai pasok pangan dunia. Karena itu, menurutnya, penting untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina.

"Dan Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," papar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan tahun ini merupakan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Kepada Zelenskyy, dia menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Kepada Presiden Zelenskyy saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," lanjut dia.

Jokowi juga mengaku mengundang langsung Zelenskyy untuk berpartisipasi di KTT G20 di Bali nanti.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi bertemu berkunjung ke Ukraina pada Rabu (29/6) waktu setempat. Usai dari Ukraina, Jokowi akan kembali ke Polandia untuk kemudian bertolak ke Rusia guna bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Kembali berkereta api menuju kota Przemysl, Polandia, untuk melanjutkan lawatan perdamaian ke Moskow, Rusia," pungkas dia.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

(mae/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT