ADVERTISEMENT

Pujian Setinggi Langit Zelensky bagi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 05:19 WIB
Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Ukraina dengan membawa misi perdamaian. Kunjungan Jokowi di tengah konflik Ukraina dan Rusia itu dipuji oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky.

Dirangkum detikcom, Kamis (30/6/2022), Jokowi tiba di Ukraina pada Rabu (29/6) usai menempuh perjalanan dengan kereta api dari Polandia. Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu sore, sekitar pukul 15.00 waktu setempat dengan disambut Zelensky.

Jokowi menyebut kedatangannya ke Kyiv untuk bertemu dengan Zelensky. Tujuan pertemuan ini disebut untuk membawa misi perdamaian.

"Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelenskyy semata-mata untuk membawa misi perdamaian," kata Jokowi.

Jokowi Pemimpin Negara Asia Pertama ke Ukraina Sejak Invasi

Sementara itu, Zelensky menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Jokowi ke Ukraina. Zelensky mengatakan kunjungan Jokowi adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi.

"Karena ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina, dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina," kata Zelensky melalui translator dalam konferensi pers bersama Jokowi, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

Zelensky Puji Kewenangan Jokowi di Dunia

Zelensky juga mengapresiasi kehadiran Jokowi. Sebab, keberadaan dan kewenangan Jokowi dan Indonesia di mata internasional sangat tinggi.

"Bapak Presiden, Yang Mulia, kita mengapresiasi hal tersebut. Terutama Indonesia dan kewenangan Anda dan juga keberadaan Anda di dunia internasional sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi Kekuatan ASEAN tahun depan," tuturnya.

Menurut Zelensky, kehadiran Jokowi ini merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang. Selain itu, untuk mengembalikan stabilitas dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi personal anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita. Dan kita juga akan memperjuangkan kemerdekaan kita dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia. Dan secepatnya perang ini berakhir, dan kita akan secepatnya untuk dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," papar Zelensky.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Saat Jokowi Jembatani Komunikasi Zelensky-Putin':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT