ADVERTISEMENT

Letakkan Pipa Air Pertama, Anies Yakin Warga Kamal Muara Bisa Hemat 95%

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 11:55 WIB
Anies Baswedan saat peletakan pipa air bersih pertama di Kamal Muara (dok. Pemprov DKI)
Anies Baswedan saat peletakan pipa air bersih pertama di Kamal Muara. (dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peletakan pipa pertama air bersih di kawasan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan itu bersamaan dengan syukuran atas air bersih yang telah mengalir di Kamal Muara selama 100 hari terakhir.

"Alhamdulillah hari ini di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, kita mensyukuri 100 hari pengaliran air minum di kawasan ini. Jadi kita ingin agar warga di Jakarta semakin banyak yang bisa mendapatkan air dari pipa. Mereka tidak harus mengambil air dari dalam tanah. Yang kedua, tidak harus membeli air dari distributor yang harganya mahal," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Anies mengatakan pengaliran air bersih dari PAM Jaya bakal membuat warga Kamal Muara bisa melakukan penghematan. Dia menyebut warga harus belanja air bersih Rp 800 ribu-1 juta per bulan. Dia mengatakan setelah pipa air bersih dipasang, warga hanya perlu membayar Rp 50-80 ribu.

"Ini penghematan yang luar biasa. Kalau tadi dihitung bisa menghemat 95 persen. Jadi biaya yang keluar untuk rumah tangga bagi air bisa turun 95 persen. Artinya pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lain," ujar Anies.

Dia mengatakan air bersih merupakan elemen penting yang harus disiapkan Pemprov DKI Jakarta melalui PAM Jaya. Anies berpesan agar warga tak boros dalam memanfaatkan air.

"Kalau lihat ada keran dibuka, terus diingetin. Nanti lihat meterannya, tiap bulan tadi Pak Dirut bilang rata-rata sekitar 10 meter kubik. Kalau nanti lihat ada yang angkanya di atas 10, diingetin," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Anies Ganti Nama Jalan di Jakarta: Ini Tak Selesai di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT