ADVERTISEMENT

Earth Hour, Pemprov DKI Ajak Warga Matikan Lampu 1 Jam pada 2 Juli Malam

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 11:13 WIB
Suasana Monas yang penerangannya dipadamkan saat berlangsung Earth Hour di Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Sejumlah monumen di Ibu Kota penerangannya dipadamkan pada pukul 20.30-21.30 WIB guna memperingati Earth Hour 2019. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Ilustrasi Earth Hour di kawasan Monas beberapa waktu lalu. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak masyarakat mematikan lampu selama 1 jam pada akhir pekan nanti. Pemprov DKI Jakarta juga akan memadamkan lampu di sejumlah gedung.

"Pemprov DKI Jakarta akan ambil bagian dalam gerakan ini dengan memadamkan lampu di sejumlah titik," demikian tulis Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram, @dkijakarta, Kamis (30/6/2022).

Sejumlah lokasi pemadaman lampu di Jakarta terbagi dalam 4 kategori, yaitu:
- Seluruh bangunan/gedung kantor Pemprov DKI Jakarta (kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik, dll)
- Jalan protokol dan jalan arteri di 5 wilayah
- Simbol Kota Jakarta meliputi gedung Balai Kota, Monumen Nasional dan air mancurnya, Bundaran HI dan air mancurnya, Patung Pemuda dan air mancurnya, Patung Pahlawan, serta Patung Jenderal Sudirman
- Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen.

Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon akan kembali dilaksanakan pada Sabtu (2/7) pukul 20.30 WIB. Pemadaman lampu dilakukan selama 1 jam atau selesai pukul 21.30 WIB.

Aksi pemadaman lampu ini disebut dilakukan atas dasar Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon. Ingub tersebut dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemprov DKI Jakarta pun mengajak masyarakat Ibu Kota untuk ikut melakukan kegiatan serupa. Gerakan mematikan lampu selama sejam ini juga umum disebut Earth Hour.

"Yuk, ambil bagian dari gerakan ini dengan memadamkan lampu dan listrik yang tidak diperlukan di tempat tinggal masing-masing," katanya.

Simak juga 'Kala Switch Off Earth Hour 2021, Ayo Matikan Listrikmu!':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT