ADVERTISEMENT

Anies Sebut Jakarta Kota Global: Semua Bersarana Internasional!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 22:27 WIB
Anies Baswedan saat ditanya soal atap tribun Formula E roboh
Foto: Anies Baswedan (Firda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal DKI Jakarta yang dinyatakan sebagai kota global. Anies menjelaskan semua sarana di Jakarta sudah berstandar internasional.

"Malam hari ini adalah malam kita merayakan perjalanan Jakarta. Jakarta sudah hampir memasuki usia 500 tahun dan sekarang kita bisa menyatakan kepada dunia bahwa Jakarta adalah kota global," kata Anies saat sambutannya di JIS, Sabtu (25/6/2022).

Anies pun membeberkan sejumlah sarana di Jakarta yang diklaim sudah berstandar internasional. Hal itu seperti stadion JIS, trotoar, halte, hingga pusat kesenian yang sudah berstandar internasional

"Apa kota global itu? Kita sebut kota global karena sarananya adalah sarana berstandar internasional. Ketika ada orang datang ke Jakarta dari berbagai belahan dunia, datang ke kota ini, maka akan menemukan stadionnya berstandar internasional, trotoarnya berstandar internasional, pusat kebudayaan dan kesenian berstandar internasional," ujar Anies.

Anies juga menyebutkan sarana seperti halte, terminal, hingga transportasi umum di Jakarta sudah berstandar internasional. "Menyaksikan halte, terminal, tempat pemberhentian, bahkan busnya, MRT-nya, semua berstandar internasional. Ini adalah contoh kita memasuki era kota global," jelas Anies.

Tidak hanya itu, Anies menuturkan Jakarta dapat disebut sebagai kota global lantaran telah menyelenggarakan event global seperti Formula E. Anies mengklaim Formula E terselenggara dengan sukses.

"Dan kita juga disebut kota global karena kita bisa menyelenggarakan event-event global di tempat ini. Dua minggu lalu baru saja kita menuntaskan sebuah pertandingan World Championship Formula E yang amat sangat sukses," ucap Anies.

"Mata dunia memandang Jakarta dan mereka menyaksikan bahwa putra bangsa, anak anak Indonesia bisa menyelenggarakan event dunia setara dengan event event global di tempat lain yang berstandar internasional," sambungnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan hanya 10 negara di dunia yang bisa menjadi tuan rumah penyelenggara Formula E. Jakarta, sambung Anies, menjadi salah satu negara yang bisa menjadi tuan rumah.

"Hanya 10 negara di dunia yang bisa menjadi tuan rumah dan Jakarta Indonesia adalah salah satunya dan ini semua adalah karya anak bangsa," imbuh Anies.

(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT