ADVERTISEMENT

Usulan Duet Pemersatu Bangsa Anies-Ganjar, PKS: Jokowi King Maker 2024

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 12:00 WIB
Jubir PKS Muhammad Kholid
Jubir PKS Muhammad Kholid (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengusulkan duet pemersatu bangsa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saat diskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKS menilai usulan tersebut menarik dan patut dipertimbangkan untuk Pilpres 2024.

"Usulan yang cukup menarik dan perlu dipertimbangkan," kata juru bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Sabtu (25/6/2022).

Bagi PKS, Jokowi merupakan king maker pada 2024. Jadi, menurut PKS, NasDem, yang dekat dengan Jokowi, dapat leluasa memberikan masukan soal duet pemersatu bangsa.

"Sebagai usulan itu sah-sah saja buat NasDem usulkan tersebut ke Pak Jokowi, karena NasDem kan anggota koalisi pemerintah. Jadi pandangan Pak Jokowi sebagai king maker Pilpres 2024 penting buat NasDem," ujar Kholid.

Sementara itu, lingkup internal PKS masih memantapkan sosok capres di tahun 2024. Nama untuk 2024 itu akan ditentukan oleh pimpinan tertinggi PKS.

"Kalau bagi PKS sendiri saat ini belum pada tahapan usulkan nama-nama capres. Kami masih tahapan menentukan kriteria calon dan berupaya membangun koalisi. Karena, Majelis Syuro belum putuskan siapa nama kandidat yang akan PKS dukung," imbuhnya.

Usulan Duet Pemersatu Bangsa

Waketum NasDem Ahmad Ali sebelumnya menjelaskan skema duet pemersatu Pilpres 2024 dimunculkan Surya Paloh saat berdiskusi dengan Presiden Jokowi. Ahmad Ali mengungkapkan duet pemersatu yang dimaksud ialah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Artinya, pikiran Pak Surya bahwa hari ini ada figur yang menonjol, yang kita kira, kalau kita mau objektif menilainya bahwa ada Anies dan ada Ganjar," kata Ali kepada wartawan, Jumat (24/6).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Menebak Maksud Penunjukan Ganjar Baca Rekomendasi Capres':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT