ADVERTISEMENT

Anies Janji Buka-Bukaan soal Audit Formula E

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 22:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.
Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji bakal membuka laporan hasil audit penyelenggaraan Formula E. Menurutnya, laporan dan audit Formula E merupakan bentuk pertanggungjawabannya terhadap penggunaan dana publik.

"Semua kegiatan di dalam penyelenggaraan ini ada pencatatannya, semuanya, rapih, tertib, dan sekarang dalam proses finalisasi laporan itu. Setelah selesai, tuntas, pasti akan dilaporkan kepada publik," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat (24/6/2022).

Eks Mendikbud itu enggan membeberkan data sementara hasil pemeriksaan ajang balap mobil listrik itu. Dia hanya berjanji bakal membeberkan laporan final event Formula E yang terdiri dari data jumlah pengunjung, pengeluaran, hingga pendapatan.

"Karena ini menggunakan dana dari publik jadi pasti akan dilaporkan. Saya tidak akan menyebutkan angka sebelum laporan itu semuanya final. Sesudah itu, nanti kita akan melaporkan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta menggandeng auditor swasta untuk mengaudit total gelaran Formula E pada 4 Juni lalu. Plt Kepala BP BUMD Budi Purnama mengatakan audit khusus penyelenggaraan Formula E diperlukan demi menghindari permasalahan di kemudian hari.

"Sedang dilakukan audit khusus Formula E. Kita minta khusus Formula E ini ada audit khusus untuk itu doang. Jadi kami nggak ingin ada masalah di kemudian hari," kata Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

Budi menyampaikan pemeriksaan diperkirakan rampung pada Juli mendatang. Barulah setelah itu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turun tangan.

Lihat juga video 'Anies: Mohon Maaf Formula E Mengecewakan Bagi yang Pesimis':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT