ADVERTISEMENT

Anggota DPRD DKI F-PDIP Desak Audit Total Gelaran Formula E

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 13:11 WIB
Sebanyak 22 pebalap memeriahkan Formula E Jakarta. Yuk lihat para pebalap adu cepat di ajang tersebut.
Formula E Jakarta (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak meminta Formula E diaudit menyeluruh. Dia mengatakan audit itu diperlukan karena Formula E diklaim sukses meski belum ada data ditampilkan.

"Besarnya anggaran yang keluar dan sesumbar pihak yang mengatakan untung dan kritik yang dialamatkan ke Gubernur dan jajarannya sepatutnya dijawab dengan data yang valid. Data itu sangat tepat dan baik bila dilakukan audit oleh pihak ketiga, dengan auditor 5 star atau oleh BPKP dengan audit khusus," kata Gilbert kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Politikus PDIP itu menilai selama ini klaim Formula E sukses tanpa kriteria yang jelas. Padahal, kata dia, masih ada beragam permasalahan penggunaan APBD untuk Formula E yang belum terjawab.

"Masalah anggaran yang luar biasa besar untuk perhelatan seakan bermaksud ditutupi karena sudah dilaksanakan. Padahal, esensi dari permasalahan yang timbul adalah penggunaan APBD yang menabrak aturan berkali-kali sejak penandatangan di New York yang tanpa perencanaan, pengeluaran commitment fee, memaksakan masuk APBD-P, memaksakan di Monas tanpa perencanaan dan mengerti aturan dan akhirnya memaksakan asal terlaksana di atas tanah rawa untuk perhelatan Formula E yang hanya sekali di Ancol," ujarnya.

Dia juga menyoroti kritik yang tertuju untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya setelah Formula E. Menurutnya, kritik itu mesti dijawab dengan data yang valid.

"Kejujuran atau kebohongan Gubernur dan jajarannya dalam hal ini akan nyata demikian juga kejujuran atau kebohongan para kritikus. Bukan sekedar polesan atau kata-kata bila bersedia diaudit menyeluruh atau khusus. Kita butuh pemimpin yang sesuai perbuatan dan kata-kata," ujarnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan meminta maaf soal pelaksanaan Formula E. Anies menilai Formula E mengecewakan orang-orang yang pesimis.

"Saya kemarin sampaikan minta maaf kepada sebagian yang karena Formula E kemarin mengecewakan," kata Anies di Rapat Kerja Nasional I Al Jam'iyatul Washliyah di Hotel Mercure Ancol, disiarkan UMTC Channel, diakses detikcom, Senin (13/6).

"Mengecewakan kepada orang-orang yang pesimis bisa terjadi, hehehe..." kata Anies sambil tertawa kecil di ujung kalimatnya.

Acara itu sendiri digelar pada Sabtu (11/6) lalu. Anies berbicara di mimbar sembari menyampaikan syukur karena Jakarta mulai ramai lagi. Formula E adalah gelaran yang sudah selesai diselenggarakan di Jakarta, disiapkan di masa pandemi COVID-19.

"Yang pesimis (dengan Formula E) ini kecewa sekali. Mohon maaf lho ini, mengecewakan. Kita sebetulnya ingin membahagiakan semua orang, tapi ada yang kecewa," kata Anies.

Simak juga video 'Anies: Mohon Maaf Formula E Mengecewakan Bagi yang Pesimis':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT