ADVERTISEMENT

Peneliti BRIN Acungi Jempol Promosi Polwan oleh Kapolri

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 12:21 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam acara bakti sosial religi Polri (dok Polri)
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,(dok Polri)

Dan soal posisi polwan yang dipromosikan kemarin oleh Sigit, Sarah mendorong ke depan tak hanya pada posisi pengambil keputusan di lingkup satuan kerja, tapi lebih luas lagi yaitu pengambil keputusan di lingkup masyarakat.

"Kalau Kabag Penum kan pada level komunikasi, tapi tempatkan lagi polwan pada jabatan pengambil keputusan yang bertanggung jawab atas keamanan wilayah, penegakkan hukum di wilayahnya seperti Kapolda," harap Sarah.

"Kita dorong lagi. Saya menantikan kapolda dari polwan. Pasti bisa," imbuh Sarah.

Minta Kesempatan Polwan-Polki Setara pada Jabatan Komando

Sarah menyebut pengalaman adalah guru terbaik. Oleh sebab itu, katanya, Polri harus memberikan pengalaman kepemimpinan kepada polwan.

"Saya juga mendorong jabatan-jabatan strategis yang diberikan kepada polwan diperbanyak, yang levelnya bisa menghasilkan keputusan-keputusan strategis yang ada hubungannya dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, baik itu level provinsi kabupaten/kota, kecamatan," terang Sarah.

Sarah optimis jika diberikan kesempatan dan kepercayaan, polwan juga layak menduduki jabatan pemegang komando. Sarah yakin kualitas polwan setara polisi laki-laki.

"Prinsipnya kesempatan dan kepercayaan. Kalau kualitas saya yakin semua pamen dan pati polwan sudah sampai jenjang karier pada tahap itu, insyaallah, mereka baik kualitasnya. Hanya tinggal ditempa pengalaman," ungkap Sarah.

"Pengalaman itu guru terbaik. Hanya sekarang apakah para polwan ini diberi kesempatan mendapatkan guru terbaik?" sambung dia.


(aud/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT