ADVERTISEMENT

Komnas Perempuan Apresiasi Banyak Polwan Ditunjuk Isi Jabatan Strategis Polri

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 18:41 WIB
Ketua Komnas Perempuan  Andy Yentriyani di kompleks parlemen, Senyan, Jakarta, Kamis (13/1/2022).
Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menyampaikan apresiasinya atas penunjukan banyak polisi wanita (polwan) dalam jabatan strategis di Polri. Dia berharap kepemimpinan polwan di Polri makin progresif

"Kita mengapresiasi sekali dengan penunjukan di posisi strategis untuk rekan-rekan polisi wanita. Semoga ini menjadi sinyal positifnya untuk kepemimpinan perempuan yang lebih progresif di tubuh Polri," kata Andy kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Andy bahkan berharap ke depan akan ada polwan yang dipercaya mengemban amanah sebagai Kapolda. "Dengan penunjukan strategis ini, kita berharap makin banyak lagi polwan yang ditunjuk dalam posisi komando strategis, termasuk menjadi kapolda," sambung dia.

Komnas Perempuan juga memupuk harapan agar rekrutmen polwan ditingkatkan dari sisi kuantitas. Menurutnya, sosok polwan dibutuhkan di banyak satuan kerja.

"Kita bisa berharap ada rekrutmen polwan yang lebih banyak, karena memang jumlah polwan masih sedikit dan dibutuhkan di banyak tempat," jelas Andy.

Selain itu, Andy berharap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang memperhatikan kesetaraan gender di Polri, juga dapat segera membentuk Direktorat Tindak Pidana Kekerasan Perempuan. Andy berharap dipromosikannya para polwan dalam jabatan strategis dan kenaikan pangkat menjadi sinyal positif ke arah pembentukan direktorat tersebut.

"Dan kami berharap ini juga sinyal positif direktorat khusus untuk penanganan kekerasan perempuan akan segera jadi. Direktorat ini sangat penting untuk mengantisipasi pelaporan-pelaporan yang ada dari pelaksanaan UU TPKS, dan juga selama ini kita tahu ada upaya untuk memastikan akses keadilan bagi perempuan yang berhadapan dengan hukum," ungkap Andi.

Divisi Humas Polri sebelumnya mengumumkan dalam TR terbaru ada satu polwan yang diangkat menjadi Kapolres Bukittinggi, satu polwan yang promosi jabatan menjadi bintang dua atau inspektur jenderal, satu polwan yang mendapat job kombes mantap yakni Kombes Nurul Azizah sebagai Kabagpenum Divisi Humas Polri, dua polwan dipromosikan pangkat kombes, yaitu Kepala Rumah Sakit Tingkat II Bandung Polda Jabar AKBP dr Siti Nur Imanta, Kabid Keuangan Polda Banten AKBP Titik Wahyuningsih.

Selanjutnya, tiga polwan yang promosi jabatan di kewilayahan adalah Kombes Sri Wahyu Utami sebagai Kabid Keuangan Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati sebagai Kabid Keuangan Polda Jawa Barat dan Kombes Yuliani sebagai Kabid Hukum Polda Banten.

(aud/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT