ADVERTISEMENT

Kompolnas Apresiasi Kapolri: Banyak Polwan Dipromosi Jabatan Strategis

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 18:06 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (dok ist)
Jakarta -

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah mempromosikan banyak polwan dalam mutasi jabatan kali ini. Poengky menilai Sigit menunjukkan kesungguhan terhadap isu pengarusutamaan gender.

Seperti diketahui, Kapolri menerbitkan lima telegram rahasia yakni ST/1213/VI/KEP./2022, ST/1214/VI/KEP./2022, ST/1215/VI/KEP./2022, ST/1216/VI/KEP./2022 dan ST/1217/VI/KEP./2022. Dalam mutasi tersebut, bertaburan sejumlah nama polisi wanita yang dipromosikan jabatan serta pangkatnya.

"Kompolnas mengapresiasi TR baru yang memberikan ruang atau memberikan posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan. Dalam hal ini ada Brigjen Juansih menjadi irjen, ada dua irjen dri polwan," kata Poengky kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Poengky juga menyoroti banyak perwira menengah polwan yang kinerjanya tampak diapresiasi di TR ini. Poengky berpendapat dipromosikannya para polwan adalah bukti kesungguhan Sigit dalam menghormati kesetaraan gender.

"Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif," tutur Poengky.

Poengky berharap Kapolri, saat menerbitkan surat telegram berikutnya, mempromosikan lebih banyak lagi polwan. Poengky menegaskan banyak polwan yang menoreh prestasi, yang tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

"Kami harap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi," pungkas Poengky.

Divisi Humas Polri sebelumnya mengumumkan dalam TR ini ada satu polwan yang diangkat menjadi Kapolres Bukittinggi, satu polwan yang promosi jabatan menjadi bintang dua atau inspektur jenderal, satu polwan yang mendapat job kombes mantap yakni Kombes Nurul Azizah sebagai Kabagpenum Divisi Humas Polri, dua polwan dipromosikan pangkat kombes yaitu Kepala Rumah Sakit Tingkat II Bandung Polda Jabar AKBP dr Siti Nur Imanta, Kabid Keuangan Polda Banten AKBP Titik Wahyuningsih.

Selanjutnya, tiga polwan yang promosi jabatan di kewilayahan adalah Kombes Sri Wahyu Utami sebagai Kabid Keuangan Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati sebagai Kabid Keuangan Polda Jawa Barat dan Kombes Yuliani sebagai Kabid Hukum Polda Banten.

(aud/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT