10 Fakta Ngeri Mobil Tertabrak KA hingga Korban Tewas Sulit Dievakuasi

ADVERTISEMENT

10 Fakta Ngeri Mobil Tertabrak KA hingga Korban Tewas Sulit Dievakuasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 07:02 WIB
Bekasi -

Satu mobil tertabrak kereta api (KA) rute jarak jauh di perlintasan sebidang. Berikut adalah 10 fakta soal peristiwa ngeri di dekat Stasiun Tambun, Bekasi ini.

Fakta-fakta ini dihimpun berdasarkan pemberitaan detikcom hingga Selasa (21/6/2022) malam.

1. Kereta yang melaju

Kereta yang melaju adalah Kereta Argo Sindoro, rute perjalanan Semarang Tawang-Gambir (Jakarta). Tentu saja kereta selalu melaju di rel, sedangkan mobil atau kendaraan lainnya harus melintasi rel di perlintasan sebidang.

2. Mobil mengangkut keluarga

Berdasarkan keterangan dari warga di lokasi kecelakaan, mobil nahas itu membawa keluarga. Ada ayah yang mengemudi serta istri dan anak yang menumpang mobil itu.

3. Lokasi di perlintasan liar

Kecelakaan ini berlokasi di perlintasan liar Jl Walet, Tambun Selatan, Bekasi. Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan lokasi persis kecelakaan ada di perlintasan liar Km 34+4/5 petak jalan Cikarang-Tambun, Selasa (21/6) pukul 10.54 WIB.

Selanjutnya, mobil mogok, tertabrak dan terseret kereta:

4. Mobil mogok, tertabrak dan terseret kereta

Warga di lokasi peristiwa kecelakaan menyebut mobil tersebut tertabrak hingga terseret kereta. Mereka menyebut mobil tersebut mogok sebelum akhirnya tertabrak kereta.

"Ya, sempat terseret sekitar 500 meter," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Arga Dirja Putera, saat dihubungi, Selasa (21/6) kemarin.

5. Korban tewas

Pengemudi mobil ini jadi satu-satunya korban tewas. Berdasarkan keterangan salah satu warga di lokasi peristiwa, si pengemudi ini tidak sempat menyelamatkan diri.

"Iya infonya dari Jalan Walet ketabraknya, istri anaknya turun duluan, ini (korban) nggak keburu, ketabrak," ujar salah satu warga di TKP pada Selasa (21/6).

6. Anak-istri selamat

Pengemudi mobil itu tewas. Beruntung anak dan istri pengemudi berhasil menyelamatkan diri sebelum mobil terempas kereta api.

"Menurut informasi, anak dan istrinya itu sudah turun," ucap Kanit Samapta Polsek Tambun, AKP Bambang Farobi, saat ditemui di lokasi, Selasa (21/6).

Kecelakaan mobil tertabrak kereta api terjadi di daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Sopir mobil tersebut tewas akibat insiden tersebut. (Fakhri F/detikcom)Kecelakaan mobil tertabrak kereta api terjadi di daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Sopir mobil tersebut tewas akibat insiden tersebut. (Fakhri F/detikcom)

7. Kondisi mobil

Mobil yang tertabrak kereta ini mengalami kerusakan parah. Mobil tertabrak kereta pada bagian kanan depan. Bodi mobil berwarna hitam itu ringsek.

8. Sulit dievakuasi

Pengemudi mobil yang tewas itu sulit dievakuasi dari mobil yang ringsek. Jenazah korban terjepit di mobil. Pantauan detikcom, Selasa (21/6) kemarin, petugas kepolisian, TNI, petugas satpam, bersama warga berupaya mengevakuasi jenazah korban. Upaya evakuasi tidak berjalan lancar karena jenazah korban diduga terjepit bodi mobil.

Korban akhirnya berhasil dievakuasi dari mobil tersebut sekitar pukul 12.30 WIB. Jenazah korban lalu dibawa petugas ke rumah sakit (RS).

Selanjutnya, perlintasan liar ditutup:

9. Perjalanan kereta sempat terganggu

Perjalanan kereta api jarak jauh sempat terganggu gara-gara kecelakaan tersebut. Sejumlah fasilitas milik PT KAI juga menjadi rusak, salah satunya kerusakan motor wessel.

"Kecelakaan itu menyebabkan perjalanan terhambat karena terdapat sejumlah KA jarak jauh dan KRL yang belum dapat melintas selama proses evakuasi dilakukan," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui keterangannya, Selasa (21/6) kemarin.

Kecelakaan mobil tertabrak kereta api terjadi di daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Sopir mobil tersebut tewas akibat insiden tersebut. (Fakhri F/detikcom)Kecelakaan mobil tertabrak kereta api terjadi di daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Sopir mobil tersebut tewas akibat insiden tersebut. (Fakhri F/detikcom)

10. Perlintasan liar ditutup

Agar tidak lagi membahayakan warga, perlintasan liar yang menjadi lokasi kecelakaan ini ditutup. "Demi keselamatan bersama perlintasan liar di Km 34+4/5 akan ditutup," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis, Selasa (21/6) kemarin.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT