ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Ditarget Kelar Minggu, Eskalator Stasiun Manggarai Masih Rusak Senin Ini

ANNISA RIZKY FADHILA - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 12:17 WIB
Eskalator di Stasiun Manggarai belum selesai diperbaiki, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Eskalator di Stasiun Manggarai belum selesai diperbaiki, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Eskalator di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, masih diperbaiki. Padahal sebelumnya, perbaikan eskalator ditargetkan selesai hari Minggu (19/6) kemarin.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (20/6/2022) pukul 11.27 WIB, ada dua eskalator yang selesai diperbaiki itu eskalator lantai 1 ke lantai 2 peron 10-11 dan eskalator lantai 1 ke lantai 2 peron 12-13.

Namun ada eskalator yang Jumat (17/6) lalu terpantau rusak namun masih saja rusak sampai siang ini. Eskalator itu adalah eskalator di lantai 1 peron 6-7 yang mengarah turun ke lantai dasar, belum selesai diperbaiki.

Masih berdasarkan pantauan detikcom, penumpang yang menuju rute Tanah Abang terpaksa menuruni anak tangga. Mereka pun menuruni anak tangga secara hati-hati dan bergantian.

Eskalator di Stasiun Manggarai belum selesai diperbaiki, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Eskalator di Stasiun Manggarai, bagian yang dapat beroperasi, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sementara itu, di peron 10-11 dan peron 12-13, eskalator sudah bisa digunakan. Pengguna KRL sudah menggunakannya dan tak tampak antrean di siang hari ini.

detikcom mewawancarai salah satu anak kereta (anker). Panggilan ini kerap populer di tengah pengguna KRL.

Yuli (27) menurutkan perbaikan eskalator di Stasiun Manggarai sering terjadi. Hal ini teramati lantaran setiap harinya dia rutin menggunakan KRL.

"Aku sih lihatnya lumayan sering ya. Ngeh-nya itu karena aku tiap hari pakai KRL dan sering turun di sini (Stasiun Manggarai)," katanya saat detikcom temui di lokasi, Senin (20/6).

Dia menyayangkan fasilitas di stasiun tersibuk ini sering rusak. Sebagai pengguna KRL, dia berharap pengelola dapat memperbaikinya dengan teliti agar tak terjadi kerusakan kembali.

"Sayang sih ya. Apalagi Manggarai stasiun tersibuk kan, banyak yang turun dan transit di sini. Aku sih berharapnya semoga ini yang terakhir ya, gak ada lagi eskalator rusak di sini," tuturnya.

Sementara itu, Wahyu (23) menyatakan perbaikan eskalator di Stasiun Manggarai menjadi perhatian masyarakat. Sebab, sudah banyak anker yang mengeluhkannya.

Eskalator di Stasiun Manggarai, Jaksel, masih rusak, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Eskalator di Stasiun Manggarai, Jaksel, masih rusak, 20 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Jika diamati, kata dia, eskalator Stasiun Manggarai menjadi permasalahan serius. Pengelola diharapkan bisa memilih teknisi sekaligus alat yang memadai.

"Eskalator itu fasilitas yang penting banget di stasiun. Makanya perlu perhatian khusus, lebih diperhatikan lagi saja teknisi dan alat yang digunakan," kata Wahyu.

Dia enggan berkomentar banyak terkait permasalahan tersebut. Hanya, Wahyu berharap kerusakan ini tak lagi terjadi.

"Simpel ya, aku sih berharapnya semoga nggak ada lagi eskalator yang rusak. Kasihanlah kami ini yang setiap hari pakai KRL. Kalau fasilitasnya tidak menunjang, gimana kita bisa nyaman pakai transportasi umum?" jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, eskalator Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan mati lagi, padahal ini adalah stasiun yang ramai di Jakarta. Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan eskalator itu bakal hidup lagi lusa.

"Target Minggu (19/6) lusa selesai," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Kementerian Perhubungan, Rode Paulus, kepada detikcom, Jumat (17/6).

(azl/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT