ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Mati 3 Kali, Ada Apa dengan Eskalator Stasiun Manggarai?

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 16:41 WIB
Stasiun Manggarai, eskalator masih mati, 17 Juni 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Stasiun Manggarai, eskalator masih mati, 17 Juni 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Eskalator di Stasiun Manggarai Jakarta Selatan tiga kali mati. Kenapa eskalator di stasiun yang strategis ini rusak terus?

detikcom Do Your Magic sudah memantau masalah matinya eskalator di Stasiun Manggarai sejak 11 April 2022. Total ada tiga eskalator di Stasiun Manggarai:

- Eskalator lantai 1 (hall stasiun) turun ke lantai dasar (peron 6-7)
- Eskalator lantai 1 ke lantai 2 (peron 10-11)
- Eskalator lantai 1 ke lantai 2 (peron 12-13)

Eskalator yang mati ada dua unit (naik-turun) di lantai 1, yakni peron 10-11 yang terhubung dengan peron 6-7.

Sehari kemudian, perbaikan eskalator itu dilakukan oleh para teknisi. Pada 13 April, eskalator di lantai 1, yakni peron 10-11 yang terhubung dengan peron 6-7 sudah 'hidup lagi' alias beroperasi normal. Para anker (anak kereta) ramai menggunakan eskalator itu. Namun masih ada dua eskalator yang mati: pertama, eskalator dari lantai 1 menuju peron 10-11 yang digunakan untuk turun. Kedua, eskalator di lantai 2 (peron 12-13) menuju lantai 1, yakni eskalator untuk turun.

18 April, satu eskalator di Stasiun Manggarai yang sudah sempat hidup kemudian mati lagi. Eskalator itu ada di lantai 1 menuju peron 6-7 di lantai dasar.

Sempat terlihat ada dua orang lansia yang menuruni eskalator sambil berpegangan pada pagar eskalator. Mereka terlihat berhati-hati dan berjalan pelan.

Lebaran berlalu, perbaikan eskalator dilanjutkan sebagaimana terpantau pada 27 Mei 2022. Pada 30 Mei, saat ada penerapan switch over-5, eskalator di Stasiun Manggarai sudah berfungsi. Namun sayang sekali, ini tak bertahan lama. Malam harinya, eskalator itu mati lagi. Salah satu teknisi bernama Erwin menjelaskan eskalator mati karena beban terlalu berat.

"Iya, karena pertama beban terlalu penuh kan tiap hari. Udah gitu, dia orang lari pasti si eskalator nahan bahan. Sebenarnya kalau eskalator jalan kan dia bisa diam ya, tapi ini banyak yang sambil jalan," kata Erwin, 30 Mei lalu.

Perbaikan dilakukan pihak PT KAI melalui teknisi-teknisinya. 7 Juni 2022, eskalator Peron 10-11 sudah kembali berfungsi. 8 Juni, detikcom memantau, semua eskalator di Stasiun Manggarai kembali beroperasi.

16 Juni atau sepekan setelah diperbaiki, eskalator di Stasiun Manggarai mati lagi. Hingga siang tadi, eskalator belum beres juga. Hingga pukul 14.37 WIB, belum ada teknisi yang memperbaiki eskalator rusak.

Perbaikan eskalator Stasiun Manggarai, Jaksel, 6 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Perbaikan eskalator Stasiun Manggarai, Jaksel, 6 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sebenarnya apa yang terjadi? Apa merek eskalator ini dan buatan mana eskalator ini kok rusak melulu?

Pada 11 April lalu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyatakan pihaknya menunggu spare part atau suku cadang. Jadi, masalah suku cadang sempat menjadi kendala meski saat itu akhirnya eskalator bisa selesai diperbaiki dan hidup lagi (sebelum akhirnya kemudian mati lagi).

Stasiun Manggarai terpantau padat pagi ini. Kepadatan itu diketahui terjadi akibat PT KAI Commuter mengubah rute dan pola operasi KRL Commuter Line Jabodetabek.Stasiun Manggarai terpantau padat pagi ini. Kepadatan itu diketahui terjadi akibat PT KAI Commuter mengubah rute dan pola operasi KRL Commuter Line Jabodetabek. Foto: Grandyos Zafna

Jumat (17/6/2022), Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Kementerian Perhubungan, Rode Paulus menyatakan saat ini adalah perawatan besar eskalator tersebut. Masalah eskalator rusak ini bakal kelar. Dia tidak yakin dengan merek eskalator itu.

Simak video 'Penumpang Minta Atap Bocor di Stasiun Manggarai Segera Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT