ADVERTISEMENT

Sentilan Rocky soal Penjilat di Makan Siang Jokowi-Ketum Parpol Ditepis

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 06:41 WIB
Jokowi makan siang bareng ketua umum parpol
Makan siang di Istana (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Jamuan makan siang di Istana Kepresidenan memunculkan amatan menarik: Ada penjilat di lingkaran meja makan Presiden Jokowi. Amatan ini berasal dari Rocky Gerung, meski akhirnya ditepis.

Jamuan makan siang digelar di Presidential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6) lalu. Posisi duduk mereka melingkari meja makan:

- Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum NasDem Surya Paloh ada di samping kiri dan kanan Jokowi.
- Ketum Gerindra Prabowo ada di depan Jokowi.
- Di depan Megawati ada Ketum Golkar Airlangga Hartarto.
- Di depan Surya Paloh ada Ketum PAN Zulkifli Hasan.
- Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum PPP Suharso Monoarfa ada di pojok meja, di samping Megawati dan Airlangga.

Persis, posisi duduk itulah yang diamati Rocky Gerung, dia sampaikan kala diskusi acara Total Politik bertema 'Adu Perspektif: Politik Jawa Jokowi, Ojo Dumeh Berbuah Reshuffle', ditayangkan di kanal YouTube detikcom, Rabu (15/6/2022).

Dia menyimpulkan, ada 'malapetaka di Istana', disingkatnya sebagai 'Maldini'. Kebetulan saja, ada Faldo Maldini di lingkaran Istana, hadir secara online dalam diskusi.

Siapa yang Menjilat?

Soal siapa sosok penjilat di jamuan makan siang itu, Rocky tidak eksplisit. Dia hanya menyatakan Jokowi tahu betul siapa yang penjilat di antara banyak orang di sekelilingnya.

"Kita tahu Pak Jokowi sebagai orang yang malang melintang selama 7-8 tahun sangat mengerti politik, dalam arti bahasa tubuh manusia, dia tahu psikologi orang, dia ngerti siapa yang menjilat, siapa yang minta diasuh," kata Rocky.

Setelah jamuan makan siang, puncak reshuffle kabinet dijalankan. Jokowi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto masing-masing sebagai Menteri Perdagangan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN. Wempi Wetipo menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor dari PBB menjadi Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni dari PSI menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN.

Presiden Joko Widodo makan siang bersama sejumlah ketua partai politik menjelang reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Megawati hingga Prabowo tampak hadir di sana.Presiden Joko Widodo makan siang bersama sejumlah ketua partai politik menjelang reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Megawati hingga Prabowo hadir di sana. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selanjutnya, Rocky Gerung soal reshuffle:

Simak Video 'Saat Makan Siang Jokowi-7 Ketum Parpol Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT