ADVERTISEMENT

Makan Siang Spesial Jokowi dengan Ketum Parpol Sebelum Ganti Menteri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 08:00 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar makan siang 'spesial' bersama para ketua umum partai politik (parpol) sebelum pelantikan menteri dan wakil menteri. Nuansa spesial ini tampak dari beberapa hal yang tampak saat makan siang.

Berdasarkan laporan dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/6/2022), Jokowi menggelar makan siang terlebih dahulu sebelum pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Tokoh-tokoh yang hadir di Istana Kepresidenan Jakarta antara lain Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Para tokoh yang telah hadir di Istana langsung menuju Presidential Lounge. Jokowi menerima kehadiran para ketua umum parpol menjelang pelantikan sejumlah menteri dan wakil menteri di Istana Negara.

"Apa kabar? Sehat semua?" sapa Presiden saat tiba di Presidential Lounge, didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi kemudian mengambil tempat duduk di tengah, diapit oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh. Tepat di seberangnya, duduk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Di sebelah kanan Prabowo tampak duduk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, sedangkan di sebelah kirinya duduk Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa.

Pertemuan berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keakraban. Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa.

"Sekali-kali kita makan di sini," ucap Jokowi.

"Tempatnya bagus, Pak, lebih modern (desainnya)," ujar Airlangga.

Berdasarkan informasi yang diterima hidangan pembuka makan siang tersebut, yaitu salad putri dewi. Disajikan juga hidangan sup, yaitu shabu shabu.

Adapun hidangan utamanya adalah beef tenderloin steak atau salmon steak atau nasi goreng kecombrang yang disajikan dengan dendeng batokok, ayam kari deli, oseng brokoli, udang telur asin, tahu jamur hingga kerapu bakar.

Untuk hidangan penutupnya, ada puding kelapa. Selain itu, ada jus kedondong dan kelapa.

Simak selengkapnya di halaman berikut



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT