ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Kunjungi Rusun City Garden, Ombudsman Jakarta Cek Aduan Krisis Air

Annisa Rizky Fahdila - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 17:37 WIB
Pertemuan antara warga  dengan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Kamis (16/6/2022).
Pertemuan warga dengan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Kamis (16/6/2022) (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mendatangi Rumah Susun Milik (Rusunami) City Garden, Cengkareng Jakarta Barat. Mereka menindaklanjuti aduan dari penghuni Rusun soal krisis air bersih.

Ada lima orang dari Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya yang hadir ke City Garden pada pukul 14.00 WIB. Mereka bertemu dengan warga di sebuah ruangan bernama Ruang Warga.

Dalam pertemuan itu, warga mengeluhkan soal air bersih. Disebutkan bahwa banyak warga yang terkena penyakit kulit.

"Ini air tidak layak pakai, kita nggak minta apa-apa, kita minta hak saja. Banyak kok warga di sini, Bu, kena penyakit kulit kayak koreng gitu. Tapi kok nggak ditindak? Sedih banget," ucap salah satu warga dalam pertemuan tersebut, Frenky, Kamis (16/6/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Ombudsman mengatakan aduan warga City Garden telah ditindaklanjuti. Ombudsman akan berkomunikasi dengan beberapa pihak, termasuk dengan pengelola Rusunami.

"Kami nggak bisa menjanjikan apa-apa karena yang harus turun tangan ya Dinas. Tapi berhubung laporan ini sudah masuk ke Ombudsman, kami akan komunikasikan dan sampaikan ke penanggung jawab yang menangani. Kami akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan apa yang sudah disampaikan," kata perwakilan Ombudsman yang menemui warga.

Ombudsman pun hanya menemui pihak warga. Mereka tidak mengecek kondisi Rusun.


Kondisi Apartemen City Garden

Kondisi Rusun City Garden, Cengkareng, Kamis (16/6/2022).Kondisi Rusun City Garden, Cengkareng, Kamis (16/6/2022). (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Siang tadi, detikcom mengitari Apartemen City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat. Di sini, fasilitas penghuni apartemen tampak tidak diperbaiki.

Salah satunya lift. Berdasarkan pengamatan detikcom, apartemen ini mempunyai empat lift. Namun hanya dua lift yang berfungsi.

"Ya begini, cuma dua lift yang bisa dipakai sama kita. Dari dua itu juga tapi satunya sering mati, tiba-tiba mati. Jadi yang benar-benar hidup dan berfungsi tuh satu doang," ujar salah satu penghuni Apartemen City Garden.

Masih berdasarkan pantauan detikcom, cat tembok di ruang warga tampak kotor. Tembok tidak kembali di cat meski sudah tak layak.

Pihak rusun diminta penuhi janji. Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT