Kabar Baik! Kawasan Monas Dibuka Lagi untuk Umum Mulai Hari Ini

ADVERTISEMENT

Kabar Baik! Kawasan Monas Dibuka Lagi untuk Umum Mulai Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 13:41 WIB
Warga naik delman di kawasan luar Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (3/5/2022). Meski kawasan Monas masih ditutup sejak awal pandemi COVID-19 pada Maret 2020 lalu namun tidak menyurutkan minat warga untuk bisa berwisata yaitu dengan memanfaatkan kawasan luar monumen tersebut. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Ilustrasi Monas (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memulai uji coba pembukaan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) mulai hari ini. Pengelola mengizinkan pengunjung mengakses kawasan Monas secara terbatas usai ditutup selama 2 tahun.

"Boleh. Iya, tapi memang masih dibatasi waktu. Cuman kita hari ini masih trial and error," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Muhammad Isa Sarnuri, saat dimintai konfirmasi pada Kamis (16/6/2022).

Isa mengatakan pembukaan Monas bakal dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, pengunjung belum boleh masuk sampai ke dalam Tugu Monas.

"Sementara ini yang dibuka baru kawasan, itu juga masih dibatasi. Di luar Tugu Monas." jelasnya.

Operasional kawasan Monas dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung bisa masuk melalui pintu Lenggang Jakarta di dekat IRTI Monas.

"Hanya pintu Lenggang yang dibuka. Nanti ada 2 pintu, pintu masuk sama keluar," ujarnya.

Selain itu, pengelola juga menyiapkan pengaturan protokol kesehatan COVID-19 ketika menyambangi kawasan Monas. Selain mewajibkan pengunjung scan PeduliLindungi, pengelola juga menyiapkan booth vaksinasi COVID-19 di dekat pintu masuk.

"Kita sudah siapkan dari prokes kemudian dari setiap orang masuk pakai PeduliLindungi kemudian pengukur suhu, yang masuk seharusnya tim vaksin lalu kerja sama juga dengan Dinkes dibuatkan booth vaksin. Jadi buat yang belum vaksin sudah disediakan sama Dinkes masyarakat vaksin di pintu masuk," tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyampaikan rencana membuka kembali kawasan Monas mulai pekan ini. Monas dibuka lagi usai 2 tahun ditutup akibat pandemi COVID-19.

"Monas segera akan kita buka dalam waktu dekat ini. Ya, dibuka dalam minggu ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6).

Riza memastikan ikon Jakarta itu bisa segera disambangi warga dalam waktu dekat setelah direvitalisasi.

"(Monas) Terus direvitalisasi ya," ujarnya.

Kawasan Monumen Nasional telah ditutup untuk umum sejak 2020. Selain karena pandemi COVID-19, penutupan karena kawasan Monas tengah direvitalisasi.

Meski ditutup untuk umum, Monas masih digunakan untuk sejumlah kegiatan. Seperti Apel Siaga Hadapi Musim Hujan dan Banjir pada 2021 silam hingga meet and greet pembalap Formula E pada 2 Juni 2022.

Lihat juga video 'Kemenparekraf Siapkan Peta Jalan-Desa Wisata di Area Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT