ADVERTISEMENT

Gerindra Panggil Anggota DPRD Tangsel Bogem Wasit Hari Ini

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 10:43 WIB
Tangkapan layar video viral anggota DPRD Tangsel Edy Mamat pukul wasit.
Foto: Tangkapan layar video viral anggota DPRD Tangsel Edy Mamat pukul wasit. (Foto: dok. Istimewa/Instagram)
Jakarta -

Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra memanggil anggota DPRD Tangsel, Edy Mamat, terkait pemukulan terhadap wasit saat pertandingan sepakbola. Edy dipanggil MKP Gerindra untuk dimintai keterangan.

"Hari ini yang bersangkutan dipanggil Majelis Kehormatan Partai," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

MKP Gerindra memanggil Edy untuk dimintai klarifikasi atas insiden pemukulan itu. Selain Edy, MKP Gerindra juga memanggil pimpinan DPC Partai Gerindra Kota Tangsel.

Terancam Sanksi

Edy Mamat terancam sanksi indisipliner akibat insiden pemukulan terhadap wasit saat pertandingan sepak bola. Edy akan mendapatkan sanksi itu jika terbukti melakukan pemukulan.

"Inisial oknum tersebut EM dan yang bersangkutan terancam sanksi indisipliner jika terbukti melakukan pemukulan. Kader Gerindra apalagi yang menduduki jabatan publik harus benar-benar menjaga sikap," ujar Ketua MKP Gerindra Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6).

Habiburokhman mengatakan apapun alasannya tindakan pemukulan tidak dibenarkan. Terlebih menurutnya, dalam pertandingan olahraga justru diperlukan sportivitas.

"Apapun alasannya, tidak dibenarkan melakukan pemukulan kepada siapapun, apalagi dalam pertandingan olahraga dimana dia justru harus menunjukkan sportivitas," kata Habiburokhman.

Pemukulan Viral di Media Sosial

Aksi pemukulan yang dilakukan anggota DPRD Tangsel Edy Mamat kepada wasit viral di media sosial. Pemukulan itu terjadi pada saat turnamen sepakbola pada Jumat (10/6) kemarin.

Dari video yang dilihat detikcom, pemukulan itu diawali setelah wasit mengeluarkan kartu merah saat pertandingan. Edy Mamat yang mengenakan baju nomor punggung 7 itu kemudian menghampiri dan sekonyong-konyong memukul wasit tersebut.

Sang wasit, yang merupakan prajurit TNI, tampak membalas pukulan dengan menendang Edy. Edy Mamat kemudian diamankan oleh beberapa pihak, keluar dari rumput hijau.

"Keamanan... keamanan... keamanan," ujar seseorang dalam video itu.

"Anggota Dewan Wali Kota, ini sepakbola. Jaga sportivitas. Sudah... sudah... sudah," sambung perekam.

Lihat video 'Ternyata Wasit yang Dipukul Anggota DPRD Tangsel Adalah Prajurit TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT