ADVERTISEMENT

Warga Pesisir Jakarta Diminta Waspadai Banjir Rob Sepekan ke Depan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 11:45 WIB
Calon penumpang antre untuk menaiki kapal motor saat terjadinya banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Rabu (5/1/2022). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan masa Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) menyebabkan terjadinya peningkatan secara signifikan ketinggian pasang air laut mencapai maksimum. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi banjir rob di pesisij Jakarta, Dermaga Muara Adem, Jakarta Utara (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini banjir rob pesisir DKI Jakarta pada 11-17 Juni 2022. Warga di wilayah pesisir Jakarta diminta waspada.

Hal ini disampaikan oleh BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitternya, @BPBDJakarta, pada Jumat (10/6). Kondisi ini disebabkan fase bulan purnama yang bersamaan dengan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee).

"(Kondisi ini) Menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB)," kata @BPBDJakarta seperti dilihat Sabtu (11/6/2022).

BPBD menyampaikan pasang air laut maksimum terjadi pada pukul 20.00-24.00 WIB. Berikut empat wilayah pesisir yang berpotensi terdampak banjir rob:
1. Pademangan
2. Penjaringan
3. Pelabuhan Sunda Kelapa
4. Kepulauan Seribu

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat menyiapkan langkah antisipasi. Di antaranya memantau peringatan dini gelombang pasang melalui situs bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut, mengunduh buku panduan kesiapsiagaan, serta melaporkan bila terjadi potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.

Simak juga 'BMKG Bentuk Tim Keamanan Siber CSIRT':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/bar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT