ADVERTISEMENT

KAI Targetkan Perbaikan Lift-Eskalator Stasiun Cakung Selesai Bulan Depan

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 19:30 WIB
Lift di Stasiun Cakung mati, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Lift di Stasiun Cakung mati, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Rusaknya lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, membuat seorang ibu hamil kelelahan meniti tangga. PT KAI Commuter tengah memperbaiki lift dan eskalator itu.

"Untuk itu, kami membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya. Diharapkan pada bulan Juli minggu kedua, fasilitas eskalator dan lift tersebut sudah dapat beroperasi untuk melayani pengguna KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/6/2022).

KAI Commuter memohon maaf atas rusaknya eskalator dan lift ini. KAI Commuter telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 Jakarta untuk melakukan pemeriksaan besar dan perbaikan secara bertahap terhadap tidak beroperasinya eskalator dan lift tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan secara menyeluruh, akan dilakukan perbaikan dan penggantian spare part yang rusak agar dapat melayani lebih baik lagi kepada pengguna KRL," kata Anne Purba.

Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jaktim, mati. 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jaktim, mati. 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Kata Anne, ada lift menuju JPO arah luar stasiun, lift di peron jalur 1 dan 2, lift di peron jalur 3 dan 4, serta dua unit eskalator dalam proses perbaikan. Unit yang rusak ada di peron jalur 3 dan 4 dan eskalator tersebut.

"Sedangkan satu unit lift di peron jalur 3 dan 4, serta dua unit eskalator masih dalam proses perbaikan," kata Anne.


Di luar Stasiun Cakung

KAI Commuter mengabarkan kondisi lift dan eskalator di stasiun lainnya. Di Stasiun Klender, dua unit lift juga sudah normal beroperasi sedangkan eskalator masih dalam perbaikan.

Sedangkan di Stasiun Kranji, dua unit lift arah peron dan arah keluar stasiun sudah selesai perbaikan dan sudah bisa digunakan kembali, sedangkan eskalator masih dalam proses perbaikan.

"Dengan bertambahnya volume penumpang dan berbagai masukan pengguna KRL, kami bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 Jakarta terus berkomitmen memperbaiki fasilitas layanan pengguna tersebut secara menyeluruh dan segera mungkin. Untuk para pengguna KRL dengan disabilitas, dapat juga memanfaatkan layanan khusus disabilitas dengan menghubungi melalui telepon, SMS, dan layanan WhatsApp di nomor 081296605747 sebelum bepergian menggunakan KRL," kata Anne Purba.

(dnu/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT