ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Pemasangan Portal S di Trotoar Metropole Jakpus

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 13:47 WIB
Masalah trotoar Metropole Jakpus diterabas pemotor: Tuntas. (Repro: Luthfy Shahban/Tim Konten Infografis detikcom)
Masalah trotoar Metropole Jakpus diterabas pemotor: Tuntas. (Repro: Luthfy Shahban/Tim Konten Infografis detikcom)
Jakarta -

Trotoar di dekat bioskop Metropole (Megaria) Jakarta Pusat kerap diterabas pesepeda motor. Dinas Bina Marga DKI kemudian mencari solusi: pemasangan portal S. Begini perbandingan kondisi trotoar sebelum dan sesudah pemasangan portal S.

Lokasi trotoar ada di Jl Pegangsaan Timur, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya tak terlalu jauh dari Stasiun Cikini. Pejalan kaki banyak menggunakan jalur pedestrian ini, apalagi pada saat jam-jam sibuk. Trotoar di sini dilingkapi dengan blok pemandu (guiding block) untuk tunanetra.

detikcom Do Your Magic memberitakan masalah pelanggaran hak pejalan kaki di lingkungan ini sejak 17 Mei 2022. Saat itu, pejalan kaki merasa haknya dirampas.

Penjagaan trotoar dari pemotor bandel dilakukan oleh personel Dinas Perhubungan DKI Jakarta, seperti yang terpantau pada 27 Mei. Namun demikian penjagaan tidak setiap hari dikerahkan. Pemotor masih kerap menerabas trotoar.

Pencarian solusi kami mintakan ke Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Didapatlah solusi berupa pemasangan portal S, bentuk pagar yang dapat menghalangi pemotor namun tidak menghalangi kaum disabilitas berkursi roda untuk mengakses trotoar. 3 Juni 2022, portal s dipasang di trotoar oleh pasukan kuning, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat.

Petugas dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang portal S di trotoar Metropole, Jakarta, Jumat (3/6). Portal ini untuk menghalau pemotor masuk ke trotoar.Petugas dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang portal S di trotoar Metropole, Jakarta, Jumat (3/6). Portal ini untuk menghalau pemotor masuk ke trotoar. Foto: Rifkianto Nugroho

Berikut adalah perbandingan before (sebelum) dan after (sesudah) pemasangan portal S di lokasi:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT