ADVERTISEMENT

Terungkap Gitaris Kahitna Tak Pakai Resep Berkali-kali Beli Psikotropika

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jun 2022 07:22 WIB
Jakarta -

Gitaris Kahitna, Andrie Bayuajie (48), harus berurusan dengan polisi gara-gara mengonsumsi psikotropika. Andrie Bayuajie disebut mengonsumsi psikotropika tanpa resep dokter.

Musisi senior ini disebutkan sudah berkali-kali membeli psikotropika tanpa resep dokter. Andrie Bayuajie beralasan 'menyetok' obat-obatan tersebut untuk pengobatan.

Andrie Bayuajie ditangkap polisi di rumah kos di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis (2/6) lalu. Dalam penggeledahan di rumah kos tersebut, disita puluhan butir psikotropika diazepam, valdimex, dan lain-lain.

"Penyidik menyangkakan yang bersangkutan Pasal 62 juncto 71 UU RI Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Gitaris  Kahitna Andrie Bayuajie ditangkap karena kasus psikotropikaPolisi menggelar Barang bukti yang disita dari gitaris Kahitna (Foto: dok. Polisi)


Andrie Bayuajie Konsumsi Psikotropika Tanpa Resep

Zulpan mengungkapkan Andrie Bayuajie mengonsumsi obat-obatan tersebut tanpa resep dokter. Padahal, penggunaan obat-obatan tersebut harus sesuai dengan resep doter dan dosis yang tepat.

Dalam penggeledahan di kamar kosnya, polisi menemukan barang bukti berupa 4 strip psikotropika jenis diazepam sebanyak 40 butir yang baru diterima Andrie Bayuajie dari kurir ekspedisi. Polisi kembali menemukan 1 strip psikotropika sisa pakai sebanyak 5 butir yang dibeli pada Desember 2021.

"Obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter, tetapi yang bersangkutan mendapatkannya tanpa resep dokter," katanya.


Alasan Pakai Psikotropika karena Susah Tidur

Gitaris band Kahitna, Andrie Bayuajie, ditangkap terkait kasus psikotropika. Polisi mengatakan alasan Andrie memakai narkotika untuk mempermudah dia beristirahat.

"Alasan yang digunakan untuk beristirahat ataupun untuk membantu mempermudah tidur selepas aktivitas yang bersangkutan, yakni sebagai musisi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan dalam jumpa pers di Polres Jakbar, Jumat (3/6/2022).

Polisi telah melakukan tes urine terhadap Andrie Bayuajie. Gitaris Kahitna Andrie Bayuajie dinyatakan positif benzodiazepine.

Baca di halaman selanjutnya: Andrie Bayuajie belasan kali beli psikotropika via online.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT