ADVERTISEMENT

7 Fakta Terbaru Gitaris Kahitna Ditangkap Gegara Psikotropika

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 22:07 WIB
Gitaris  Kahitna Andrie Bayuajie ditangkap karena kasus psikotropika
Gitaris Kahitna Andrie Bayuajie ditangkap karena kasus psikotropika (Foto: dok. Polisi)
Jakarta -

Gitaris Kahitna, Andrie Bayuajie, terseret kasus narkoba. Andrie Bayuajie ditangkap setelah kedapatan mengonsumsi psikotropika jenis benzodiazepine dan valdimex.

Andrie Bayuajie ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di indekos di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis (2/6). Hasil tes urine Andrie Bayuajie dinyatakan positif.

"Hasil tes yang bersangkutan positif Benzodiazepine," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan dalam jumpa pers di Polres Jakbar, Jumat (3/6/2022).

Berikut fakta-fakta terbaru penangkapan Andrie 'Kahitna' Bayuajie yang dirangkum detikcom.

1) Andrie Bayuajie Jadi Tersangka

Polisi menetapkan Andrie Bayuajie sebagai tersangka atas penyalahgunaan psikotropika. Ia terancam hukuman di atas 5 tahun penjara atas penyalahgunaan psikotropika tersebut.

"Penyidik menyangkakan yang bersangkutan pasal 62 juncto 71 UU RI Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (3/6/2022).

2) Andri Bayuajie Kahitna Pakai Obat Tanpa Resep

Zulpan mengungkapkan Andrie Bayuajie mengonsumsi psikotropika tersebut tanpa resep dokter. Polisi menyita puluhan butir psikotropika di indekosnya.

"Obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter, tetapi yang bersangkutan mendapatkannya tanpa resep dokter," ujar Zulpan.

3) Alasan Andrie Bayuajie Konsumsi Psikotropika

Kepada polisi, Adrie Bayuajie mengaku mengonsumsi psikotropika tersebut untuk menenangkan diri. Ia mengonsumsi psikotropika sejak 2017 selama masa pengobatan karena susah tidur.

"Menurut pengakuan saudara Andre yang telah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, mengakui bahwa mengkonsumsi obat tersebut untuk menenangkan diri atau untuk mempermudah dia tidur sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 saat melakukan pengobatan," kata Zulpan.

Simak video 'Polisi akan Panggil Toko Online Penjual Narkoba ke Gitaris Kahitna':

[Gambas:Video 20detik]





Baca di halaman selanjutnya: polisi temukan 45 butir psikotropika

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT