ADVERTISEMENT

Masih Kurang 1 Portal S, Bina Marga Bakal Beli untuk Trotoar Metropole

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 16:33 WIB
Pemasangan portal S di Trotoar Metropole, Jakarta Pusat,  Jumat (3/6/2022).
Pemasangan portal S di Trotoar Metropole, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2022) (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Siang ini pasukan Bina Marga mulai memasang portal S di sekitar trotoar Metropole, Jakarta Pusat. Portal S bakal dipasang di pintu masuk dekat lampu merah, tepatnya di depan Starbucks Metropole.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (3/6/2022), petugas mulai mengukur jarak dan luar portal S. Mereka pun sudah mengeluarkan alat yang diperlukan.

Terlihat mobil Bina Marga terparkir di lokasi. Petugas juga menandai titik pembuatan portal S dengan menggunakan spidol berwarna hitam.

Masih berdasarkan pantauan detikcom, di lokasi juga terpasang cone berwarna oranye. Hal itu sebagai penanda agar pemotor tak lagi melintas di trotoar.

Pemasangan portal S di Trotoar Metropole, Jakarta Pusat,  Jumat (3/6/2022).Pemasangan portal S di Trotoar Metropole, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2022). (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sayangnya, masih ada pemotor yang bandel. Mereka sengaja menerabas trotoar meski sudah diberi peringatan.

Sesekali, tampak pula pemotor yang memutar balik kendaraannya. Mereka tak punya pilihan lantaran ditegur petugas. Mereka juga tak bisa lewat akibat pemasangan portal S di trotoar Metropole.

Masih Butuh Satu Portal S

Kepala Sudin Bina Marga Jakarta Pusat Agustio Ruhuseto mengungkapkan akan ada dua portal S di trotoar Metropole, Jakarta Pusat. Namun saat ini baru ada satu portal S sebagai stok barang di Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Rencana dipasang di dua titik," ujar Agustio kepada detikcom, Jumat (3/6/2022).

Keterbatasan stok karena adanya kenaikan harga material. Kendati begitu, pihaknya berkomitmen menyiapkan stok agar portal S di trotoar Metropole dapat segera selesai. Dia juga bakal memilih lokasi yang efektif agar portal S dapat menghalau pemotor.

"Ada kenaikan harga materialnya ya. Nah untuk lokasi pemasangan portal S kita cari yang efektif," katanya.

Agustio tidak mengungkap berapa harga satuan dari portal S tersebut.

Sebelum portal S dipasang, katanya, Bina Marga sudah berkoordinasi sekaligus melakukan survei. Hal itu dilakukan agar portal S tidak dipasang sembarangan.

Pemasangan portal S juga sudah disepakati. Terkait bentuknya, sambung Agustio, Bina Marga sudah mendisukusikannya dengan beberapa pihak.

Pemasangan portal S di Trotoar Metropole, Jakarta Pusat,  Jumat (3/6/2022).Pemotor putar balik karena tidak bisa melintas. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

"(Trotoar) sudah disurvei, ya, di titik yang tepat untuk pemasangan portal S. Trotoar yang dipasangi portal S juga sesuai dengan model portalnya," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pemerintah telah membahas pemasangan portal S untuk menghadang pemotor bandel yang menerabas trotoar di sekitar Metropole. Bina Marga Jakarta Pusat juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

Portal S diharapkan bisa mencegah pemotor menerabas jalur pedestrian di lokasi, seperti kondisi yang selama ini dikeluhkan pejalan kaki.

Lihat juga video 'Penampakan Trotoar di Kolong JLNT Kuningan yang Penuh Pemotor':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT