ADVERTISEMENT

Polri soal Dugaan Brotoseno Masih Aktif: Sudah Jalani Sidang Etik

Mulia Budi - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 16:53 WIB
Brotoseno
Raden Brotoseno (Herianto Batubara/detikcom)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti sosok mantan penyidik Bareskrim Polri, Brotoseno, yang diduga kembali aktif menjalani profesi polisi. Menanggapi hal tersebut, Polri menjelaskan Brotoseno telah selesai menjalani hukuman pidana dan telah menjalani sidang kode etik profesi polisi (KEPP).

"Jadi ya, AKBP Brotoseno telah menjalani hukuman pidana dan telah selesai," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat pada Senin (30/5/2022).

Terkait hasil sidang kode etik Brotoseno, Ramadhan mengatakan akan menyampaikannya di waktu mendatang. Humas Polri saat ini masih mengecek hasilnya ke Divisi Propam.

"Sudah menjalani sidang kode etik, tapi nanti hasilnya kami sampaikan," imbuh Ramadhan.

Ramadhan menegaskan Brotoseno dijatuhi sanksi internal. Dia pun masih berkoordinasi dengan Divisi Propam Polri untuk mendapatkan penjelasan utuh tentang proses sidang Brotoseno, yang sebelumnya terjerat kasus korupsi.

"Kalau sanksi pasti ada. tapi informasinya nanti kami sampaikan. Tadi kami sudah tanya, nanti akan kami sampaikan. Yang jelas, yang pertama, atas perbuatannya yang bersangkutan sudah menjalani proses sidang dan telah menjalani hukuman. Selesai dan sudah dilakukan sidang kode etik," ucap Ramadhan.

ICW Minta Polri Klarifikasi

Peneliti dari ICW, Kurnia Ramadhana, menyampaikan, pada awal Januari 2022, pihaknya menyurati Irjen Wahyu Widada. Isi surat ICW berkaitan dengan permintaan klarifikasi status Raden Brotoseno di kepolisian.

"Pada awal Januari lalu, Indonesia Corruption Watch (ICW) melayangkan surat kepada Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada perihal permintaan klarifikasi status anggota Polri atas nama Raden Brotoseno. Hal ini kami sampaikan karena diduga keras yang bersangkutan kembali bekerja di Polri dengan menduduki posisi sebagai Penyidik Madya Dittipidsiber Bareksrim Polri," kata Kurnia dalam keterangan tertulis.

Smak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Viral Konvoi Khilafah di Cawang Jaktim, Ini Tanggapan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT