AKP DK Penuhi Panggilan Propam terkait Laporan Mertua, Bawa Bukti CCTV

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 15:30 WIB
Kuasa hukum AKP DK, Nefton Alfares Kapitan (dok. Ist)
Foto: Kuasa hukum AKP DK, Nefton Alfares Kapitan (dok. Ist)
Jakarta -

Perwira Polda Metro Jaya AKP DK telah memenuhi panggilan Propam Polri terkait laporan yang dilayangkan sang mertua karena tak terima dituduh mencuri. AKP DK membawa bukti rekaman CCTV hingga akta waris.

"Bahwa AKP DK hari ini telah hadir ke Polda Metro Jaya memenuhi panggilan Provos untuk dilakukan pemeriksaan," kata kuasa hukum AKP DK, Nefton Alfares Kapitan, kepada wartawan, Kamis (26/5/2022).

Nefton mengatakan kliennya, yang merupakan anggota Ditresnarkoba Polda Metro, kooperatif saat dilakukan pemeriksaan. Selain itu, AKP DK juga membawa bukti kuitansi pembelian-pembelian barang yang diduga dicuri sang mertua dan adik iparnya.

"AKP DK sangat kooperatif dengan hadir pemeriksaan Provos sebagai tindak lanjut dumas. AKP DK datang dengan menyertakan bukti-bukti bahwa apa yang dituduhkan oleh pendumas tersebut tidak benar," ujarnya.

"Rekaman CCTV, kuitansi-kuitansi pembelian barang-barang yang dicuri, dan akta waris dan wasiat yang telah disahkan oleh Kemenkumham," sambungnya.

Selanjutnya, Nefton mengatakan pihak penyidik yang menangani laporan AKP DK di Polda Metro sedang mengupayakan restorative justice. Adapun sang mertua adalah Nurmila Sangadji dan adik iparnya Claudia Senduk.

"Di samping itu juga bahwa pihak penyidik sedang mengupayakan penyelesaian perkara dengan mengedepankan restorative justice di antara kedua belah pihak," katanya.

Sebelumnya, perwira Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKP DK, terlibat konflik dengan ibu mertua, Nurmila Sangadji, dan adik ipar perempuannya, Claudia Senduk. Nurmila mengaku memang telah lama tak nyaman terhadap sikap AKP DK saat mereka tinggal serumah.

Pasalnya, kata Nurmila, AKP DK memasang CCTV di seluruh kamar rumah, termasuk kamar yang dia dan Claudia tempati. Nurmila mengaku sudah menyampaikan keberatan soal CCTV di kamar tersebut.

"Saya tidak nyaman saja di rumah situ, bukan tidak mau jaga anak ya. Karena di kamar kami, (kamar) saya ada CCTV, di kamar anak saya ada CCTV, di kamar anak saya ada CCTV," kata Nurmila kepada di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (25/5).

Hal ini diungkap Nurmila setelah mengadukan tiga penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang menangani laporan DK atas tuduhan pencurian terhadap Nurmila dan Claudia. Nurmila dan Claudia sebelumnya dilaporkan AKP DK ke Polda Metro Jaya pada 26 Februari 2022.

Nurmila dan anaknya Claudia tinggal serumah dengan AKP DK lantaran anaknya, yang juga kakak kandung Claudia, Iptu CS, menikah dengan AKP DK. Iptu CS meninggal dunia akibat leukemia pada Desember 2021.

Lihat juga Video: Terekam CCTV! Detik-detik Rampok Bersajam Gasak Minimarket di Jakpus

[Gambas:Video 20detik]



(azh/gbr)