Mertua Sebut Kamar Anak Perempuan Dipasangi CCTV, Ini Penjelasan AKP DK

Mei Amelia R, Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 07:50 WIB
Nurmila Sangadji dan Claudia Senduk mengadu ke Propam Polri usai dilaporkan AKP DK.
Nurmila Sangadji (kiri) dan Claudia Senduk (tengah) melaporkan penyidik yang menagani laporan menantunya, AKP DK, atas tuduhan pencuria (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Perwira Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKP DK, terlibat konflik dengan ibu mertua, Nurmila Sangadji dan adik ipar perempuannya, Claudia Senduk. Nurmila mengaku memang telah lama tak nyaman dengan sikap AKP DK saat mereka tinggal serumah.

Pasalnya, kata Nurmila, AKP DK memasang CCTV di seluruh kamar rumah, termasuk kamar yang dia dan Claudia tempati. Nurmila mengaku sudah menyampaikan keberatan soal CCTV di kamar tersebut.

"Saya tidak nyaman saja di rumah situ, bukan tidak mau jaga anak ya. Karena di kamar kami, (kamar) saya ada CCTV, di kamar anak saya ada CCTV, di kamar anak saya ada CCTV," kata Nurmila kepada di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (25/5/2022).

Hal ini diungkap Nurmila usai mengadukan 3 orang penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang menangani laporan DK atas tuduhan pencurian terhadap Nurmila dan Claudia. Nurmila dan Claudia sebelumnya dilaporkan AKP DK ke Polda Metro Jaya pada 26 Februari 2022.

Nurmila dan anaknya Claudia tinggal serumah dengan AKP DK lantaran anaknya, yang juga kakak kandung Claudia, Iptu CS menikah dengan AKP DK. Iptu CS meninggal dunia akibat leukemia pada Desember 2021.

"Yang saya keberatan, anak saya ini (Claudia) masih remaja, masih gadis. Kayaknya kurang etis buat saya sama si beliau (AKP DK) itu," tutur Nurmila.

Adik Ipar Sempat Protes soal CCTV

Pada kesempatan yang sama, Claudia mengaku sempat protes kepada mendiang kakaknya, Iptu CS, soal AKP DK yang memasang CCTV di kamar tidurnya. Namun, menurut Claudia, Iptu CS mau tak mau menuruti AKP DK.

"Saya nggak terima sih (CCTV dipasang di kamar tidur). Saya sudah bilang ke kakak kandung saya, saya bilang, 'Kak seharusnya (CCTV) nggak harus dipasang di kamar sih'. Saya bilang seperti itu. Terus kakak saya (Iptu CS) bilang, 'Ya gimana, namanya suami saya yang suruh," ucap Claudia menirukan percakapan dengan Iptu CS kala itu.

Claudia pun akhirnya tak bisa berbuat apa-apa karena sadar rumah yang ditinggalinya adalah milik AKP DK. Baru sekarang, lanjut Claudia, dia berani mengungkapkan dirinya merasa dilecehkan dengan pemasangan CCTV di kamar tidurnya tersebut.

"Jadi ya gimana juga saya nggak bisa ngelak karena memang saya tinggal di situ juga. Jadi menurut saya sekarang baru saya bisa ungkapkan bahwa ada terjadinya pelecehan seksual," kata Claudia.

"Jadi mohon juga untuk bisa diberikan hukuman yang setara atas apa yang sudah dia perbuat, apalagi sekarang ditambahnya kita dituduh mencuri yang padahal kami nggak ada mencuri," lanjut Claudia.

Dilaporkan atas Tuduhan Pencurian

AKP DK melaporkan Nurmila dan Claudia atas tuduhan dugaan pencurian. Rekama CCTV yang menjadi barang bukti DK melaporkan dirinya dan ibunya dinilainya tidak valid.

"Dia hanya memakai bukti CCTV yang saya lagi beres-beres. Jadi tolong, itu bukti yang nggak valid menurut saya," ujar Claudia dia.

Sebelumnya Nurmila mengadukan masalah yang dihadapinya lantaran menantunya sendiri, AKP DK, melaporkan dirinya ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan mencuri.

"Klien kami dituduh sebagai pencurian pemberatan, atau pencurian biasa, padahal klien saya sebagai ibu mertuanya atau Claudia sebagai adik ipar (dari AKP DK)," kata kuasa hukum Nurmila, Jay Tambunan.

Jay mendampingi Nurmila Sangadji yang merasa dikriminalisasi oleh penyidik Polda Metro Jaya. Ketiga penyidik tersebut diadukan ke Propam Mabes Polri atas dugaan keberpihakan dalam menangani laporan DK atas tuduhan pencurian terhadap Nurmila dan Claudia.

"Aneh bagi kita, seorang menantu tinggal bersama ibu mertua dan adik iparnya, begitu diusir dari rumah itu. Lalu kemudian dilaporkan sebagai pencurian pemberatan," kata Jay.


AKP DK menjawab soal CCTV di kamar yang ditempati Claudia. Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Simak Video: Terekam CCTV! Detik-detik Rampok Bersajam Gasak Minimarket di Jakpus

[Gambas:Video 20detik]