Kabar Terbaru Maling 'Hilang' di Gorong-gorong Masih Diburu

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 05:14 WIB
Seorang pencuri HP di Cijantung, Pasar Rebo, Jaktim, menceburkan diri ke gorong-gorong usai aksinya dipergoki korban. Damkar ikut terjun mencari pelaku (dok Gulkarmat Jaktim)
Seorang pencuri HP di Cijantung, Pasar Rebo, Jaktim, menceburkan diri ke gorong-gorong usai aksinya dipergoki korban. Damkar ikut terjun mencari pelaku (Foto: dok Sudin Gulkarmat Jaktim)
Jakarta -

Aksi pencurian ponsel warga di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, menghebohkan warga. Pelaku kabur dengan menceburkan diri ke gorong-gorong sesaat setelah aksinya dipergoki oleh korban.

Pelarian pelaku pencurian ini membuat Damkar turun melakukan pencarian di gorong-gorong. Akan tetapi pencarian Damkar tak membuahkan hasil.

Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Agung Ardiansyah, mengatakan pelaku menceburkan diri setelah aksinya mencuri di salah satu rumah warga di Jalan Gongseng Raya, Kelurahan Cijantung, pada Minggu (22/5) pagi dipergoki korban.

"Pelaku masuk ke rumah korban dengan cara merusak pintu rumah. Kerugian dua unit telepon seluler. Diduga pelaku diteriaki maling oleh korbannya," kata Agung seperti dilansir Antara, Selasa (24/5/2022).

Teriakan warga tersebut membuat pelaku panik, sehingga menceburkan diri ke gorong-gorong yang terbuat dari beton 'U-ditch' dengan lebar sekitar 1,5 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter.

Aksi pelaku kabur ke gorong-gorong ini membuat petugas Damkar turun tangan. Kepala Seksi (Kasi) Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim, Gatot Sulaeman, mengatakan pencarian terhadap pelaku di gorong-gorong memakan waktu lebih dari 1 jam.

Gorong-gorong tersebut berada di pinggir jalan dan lebarnya sekitar 50-80 cm. Ada 4 personel Damkar yang dikerahkan ke lokasi.

"Pencarian radius sekitar 100 meter. Karena gorong-gorong panjang, belokan, dan arahnya ke kali. Kemungkinan pelaku sudah keluar tapi kita nggak tahu ke mana," ujar Gatot.


Pelaku Diduga Sudah Keluar dari Gorong-gorong

Pencarian terhadap pelaku pencurian HP ini tidak membuahkan hasil. Polisi menduga pelaku sudah keluar dari gorong-gorong sesaat setelah korban mencari pertolongan.

"Kita cari sama buser sama damkar kan karena gorong-gorong itu kering, kemungkinan dia naik ke atas (keluar). Sudah disusuri sama damkar semuanya ke situ," kata Kapolsek Pasar Rebo Kompol Agung Ardiansyah saat dihubungi, Rabu (25/5).

Saat proses pengejaran itu, korban melihat pelaku masuk ke gorong-gorong. Korban yang mengejar seorang diri sempat meninggalkan lokasi gorong-gorong untuk meminta bantuan warga lain dalam menangkap pelaku.

Ada jeda waktu korban pergi memanggil warga lain yang kemudian diduga dimanfaatkan pelaku untuk keluar dari gorong-gorong dan melarikan diri.

"Iya si pelaku keluar. Korban pun tidak melaporkan, jadi sudah ikhlas katanya," tutur Agung.


Baca di halaman selanjutnya: HP korban sempat terdeteksi di Pekayon.

Lihat juga Video: Mencari Jejak Maling HP yang Kabur ke Got di Cijantung Jaktim

[Gambas:Video 20detik]