Dishub DKI Evaluasi CFD, Kaji PKL Boleh Jualan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 16:31 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo
Syafrin Liputo (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan DKI Jakarta hari ini mengevaluasi pelaksanaan car free day (CFD) akhir pekan lalu. Salah satu opsi yang bakal dikaji adalah kemungkinan pedagang kaki lima (PKL) membuka lapak di lokasi CFD.

"Hari ini (evaluasi), jika memang memungkinkan apakah partisipan dibuka dengan membatasi jumlah partisipan kemudian dengan PKL," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Selain PKL, Dishub DKI juga mengkaji pembatasan partisipan CFD. Sebagai informasi, yang dimaksud partisipan CFD adalah pihak yang menggelar pameran maupun suatu acara di tengah CFD.

Syafrin menjelaskan pekan lalu Pemprov DKI telah menyelenggarakan CFD terbatas. Kegiatan berlangsung sejak pukul 06.00-10.00 WIB dan PKL maupun partisipan masih dilarang beraktivitas di area car free day.

"Kemarin itu kita masih terbatas jamnya sampai jam 10 belum ada partisipan dan PKL," ujarnya.

Di sisi lain, Syafrin memastikan pihaknya tetap menerapkan CFD pekan depan. Adapun, kegiatan CFD masih digelar di 6 titik di wilayah kota Jakarta.

"Minggu depan masih sama di enam lokasi, untuk tingkat provinsi di Sudirman Thamrin. Wilayah Selatan Patung Pemuda ke arah Selatan sampai Simpang CSW Sisimangaraja," jelasnya.

"Kemudian Timur tetap di Jalan Pemuda, Utara tetap di Jalan Danau Sunter Barat kemudian di Pusat tetap di Jalan Suryopranoto dan Barat Jalan Tomang Raya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB). Sebanyak 6 titik akan diterapkan CFD setiap akhir pekan.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama. Serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," kata Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5).

Simak 6 titik car free day di DKI pada halaman selanjutnya.