Polisi Minta Jumlah Bus TransJ yang Melintas Saat CFD Dikurangi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 10:04 WIB
Bus TransJ melintas saat CFD di Bundaran HI (Tiara Aliya/detikcom)
Bus TransJ melintas saat CFD di Bundaran HI (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Polisi meminta operasional bus TransJakarta dikurangi selama car free day (CFD). Usulan ini disampaikan karena adanya revitalisasi halte di sejumlah titik CFD.

"Nanti akan dievaluasi apakah mungkin bus bisa dikurangi atau bagaimana sebaiknya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mencontohkan salah satu titik yang terdampak revitalisasi di sepanjang Sudirman-MH Thamrin. Akibatnya, bus TransJakarta mesti melintas di jalur yang sama dengan warga yang tengah berolahraga.

"Pada saat CFD jam 6-10 kita kurangi jumlah busnya. Ini kan sangat berbahaya di beberapa jalan sempit. Jadi ada rebutan pesepeda, pejalan kaki sama TransJakarta. Mereka juga rawan," ujarnya.

Sambodo mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI serta direksi TransJakarta untuk membahas permasalahan ini lebih lanjut.

"Langkah selanjutnya kita akan bersama sama Pak Kadishub akan evaluasi terkait operasionalisasi dari TransJakarta. Karena beberapa tempat sedang revitalisasi," imbuhnya.

"Tentu nanti dibicarakan dengan pihak TransJakarta dengan Dishub juga. Karena ini menjadi moda transportasi menuju ke area CFD. Jadi memang perlu timbang-timbang," sambungnya.

CFD Pertama Setelah 2 Tahun

Hari ini merupakan pembukaan pertama CFD di Jakarta setelah absen selama 2 tahun. Ada 6 titik CFD di Jakarta, salah satunya di Sudirman-Thamrin.

Warga datang dengan bersepeda maupun berjalan kaki. Banyak pula warga yang datang bersama keluarga besar. Bahkan, ada yang membawa bayi menggunakan stroller.

Petugas gabungan terdiri dari aparat Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta tersebar di berbagai titik. Mereka mengatur lalu lintas sehingga warga leluasa berolahraga.

Simak Video 'CFD Digelar Lagi, Warga Ramai Olahraga di Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/imk)