CFD di Jakbar Bakal Rutin Dilaksanakan 2 Kali dalam Sebulan

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 10:40 WIB
CFD di Kawasan Jl Tomang Raya, Jakarta Barat,
Foto: Karin/detikcom
Jakarta -

Kawasan Jl Tomang Raya, Jakarta Barat, menjadi salah satu lokasi car free day alias hari bebas kendaraan bermotor (HBKB). Nantinya di Jakarta Barat sendiri akan rutin dilakukan selama dua kali dalam satu bulan.

"Kalau di Jakarta Barat kalau SK Gubernurnya dia minggu kedua dan minggu keempat di tiap bulan (pelaksanaan CFD)," ujar Kasudinhub Jakarta Barat Erwansyah saat ditemui di lokasi, Minggu (22/5/2022).

Erwansyah mengatakan untuk pelaksanaan CFD hari ini dilakukan di minggu ketiga karena sebagai salah satu bentuk penguraian massa. Sebab, dikhawatirkan warga yang mengikuti CFD akan terpusat di Sudirman-Thamrin.

CFD di Kawasan Jl Tomang Raya, Jakarta Barat,CFD di Kawasan Jl Tomang Raya, Jakarta Barat (Karin/detikcom)

"Namun hari ini karena CFD di tingkat provinsi baru dilakukan takut terjadi pemusatan massa di satu titik makanya di lima kota diadakan, di Selatan, Utara, Timur, Barat, Pusat, termasuk di Sudirman-Thamrin. Jadi biar harapannya massa terpecah," jelas Erwansyah.

Erwansyah mengatakan kawasan CFD di Tomang sendiri terbagi menjadi 9 titik penjagaan. Masing-masing titik tersebut dipasangi scan QR code untuk masuk ke area CFD.

Sementara itu, Erwansyah mengatakan kebijakan PKL di kawasan CFD dipastikan tidak ada. Namun, jika nantinya ada PKL yang masih membandel, akan dilakukan penggebahan oleh petugas gabungan.

"Mungkin tindak, nggak. Hanya dihalau dari titik HBKP, dari titik Jalan Raya Tomang ini memang kita karena HBKP sifatnya terbatas, hanya yang untuk olahraga saja, untuk kegiatan lain selain olahraga ditiadakan. Apabila ada PKL atau pedagang kaki lima kita gebah," jelas Erwansyah.

Sementara itu, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan para pengunjung CFD diwajibkan melakukan scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kedua. Syafrin mengimbau masyarakat taat protokol kesehatan.

Kasudinhub Jakarta Barat, ErwansyahKasudinhub Jakarta Barat, Erwansyah (Karin/detikcom)

"Pengunjung diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua," ujar Syafrin.

Syafrin menegaskan CFD hanya untuk olahraga. Tidak boleh ada yang berjualan di sana.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan kami pastikan tidak ada kegiatan partisipan dan pedagang kaki lima (PKL)," lanjut Syafrin.

Simak Video 'Ragam Komentar Sukacita Masyarakat Sambut CFD Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/aik)