ADVERTISEMENT

Menteri Siti Nurbaya ke KPK, Bahas soal Cegah Korupsi di KLHK

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 16:10 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar
Siti Nurbaya (Muhammad Hanafi/detikcom)

Firli menyebut KLHK merupakan leading sector perizinan dan investasi sumber daya alam di Indonesia. Oleh sebab itu, kegiatan ini jadi salah satu upaya pencegahan korupsi dengan memberikan pendidikan antikorupsi kepada penyelenggara negara.

"KLHK jadi leading sector perizinan dan investasi terkait sumber daya alam di Indonesia. Karena itu, perlu diperkuat integritasnya agar tidak sampai terjadi korupsi," tutur dia.

Dalam kegiatan yang sama, Plt Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana memaparkan capaian skor indeks integritas KLHK berdasarkan survei tahun 2021. Dari data Wawan, nilai skor indeks integritas KLHK tahun 2021 mencapai 79,57 atau di atas skor indeks integritas nasional yang mencapai 72,43.

Wawan menyebut temuan 69,4% pegawai KLHK yang masih menggunakan fasilitas kantor demi kepentingan pribadi serta adanya temuan sebanyak 42,2% soal persepsi pengaruh nepotisme dalam promosi atau mutasi pegawai. Serta setidaknya ada 34% responden yang menilai adanya penyedia barang atau jasa pengadaan punya kedekatan dengan pejabat.

Diketahui, KPK mengundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di program Paku Integritas tahun 2022. Nantinya KPK akan memberikan pembekalan antikorupsi kepada Menteri dan jajaran pejabat eselon satu KLHK.

"Hadir dalam kegiatan ini Menteri LHK Siti Nurbaya, Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Sekretaris Jenderal Bambang Hendroyono, Inspektur Jenderal Laksmi Wijayanti dan jajaran eselon satu lainnya beserta pasangan masing-masing," kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati dalam keterangannya, Selasa (24/5).

Program ini merupakan kelanjutan kegiatan yang sama pada 2021. Program ini merupakan program pendidikan dalam rangka peningkatan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi khusus penyelenggara negara di kementerian atau lembaga.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua kegiatan utama, antara lain pembekalan antikorupsi atau executive briefing bagi penyelenggara negara beserta pasangannya serta pendidikan dan latihan pembangunan integritas bagi penyelenggara negara.


(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT