Sekjen PAN Jawab Ade Armando soal 'Penista Agama': Jangan Playing Victim

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 15:04 WIB
Jakarta -

Ade Armando mempertanyakan cuitan Sekjen PAN Eddy Soeparno soal diksi 'penodaan agama' yang dialamatkan kepadanya. Ade Armando menilai pernyataan Eddy Soeparno ini membahayakan dan bisa menimbulkan dampak serius.

Menanggapi pernyataan Ade Armando ini, Eddy Soeparno menilai dosen UI itu 'playing victim'. Menurut Eddy, kondisi pengeroyokan yang dialami oleh Ade Armando adalah akibat perbuatan Ade Armando sendiri.

"Menurut saya Ade Armando itu jangan playing victim. Bahwa kondisinya saat ini adalah akibat dari pernyataan atau sikap orang lain, bukan. Jadi menurut saya kalau berbahaya atau tidak, jangan playing victim lah," kata Eddy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Eddy Soeparno Bantah Cemarkan Ade Armando

Eddy membantah dirinya menyebut Ade Armando sebagai 'penista agama'. Eddy Soeparno mengatakan dirinya tidak mencemarkan nama baik Ade Armando dengan cuitannya itu.

"Cuitan saya tidak pernah mencemarkan atau menuduh apalagi menuding, saya justru, cuitan saya itu pada intinya, konsepnya itu, meminta penegakan hukum bagi mereka yang melakukan tindakan penganiayaan terhadap seseorang, kemudian juga saya minta supaya ada penegakan hukum, terhadap mereka-mereka yang menistakan agama," bebernya.

"Saya gunakan kata-kata menistakan loh ya, menistakan agama dan ulama. Jadi saya tidak pernah menggunakan kata-kata 'penista'. Yang menggunakan kata 'penista' itu adalah Saudara Muannas di dalam cuitannya," tambahnya.

Eddy lantas menanggapi pernyataan Ade Armando yang memintanya membuktikan cuitannya soal 'penista agama'. Menurut Eddy, dirinya tidak perlu membuktikan hal itu, tetapi justru Ade Armando yang harus membuktikannya.

"Kalau hal itu diminta oleh Saudara Armando, saya mengambil alih tugas dia untuk menjelaskan. Sesungguhnya penjelasan mengenai apakah menistakan agama dilakukan oleh Ade Armando atau tidak, itu harus dia yang menjelaskan. Kepada siapa? Kepada penyidik, dalam kapasitas apa? kapasitas dia sebagai tersangka. Tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama," tuturnya.

Baca di halaman selanjutnya: Ade Armando pertanyakan cuitan Eddy soal 'penista agama'