detikcom Do Your Magic

Walkot Depok: Perbaikan SDN Pancoranmas 3 Bisa Pakai APBD hingga Zakat

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 18:12 WIB
Atap SDN Pancoranmas 3 Depok ambruk (Dwi Rahmawati/detikcom)
Atap SDN Pancoranmas 3 Depok ambruk. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Atap dua ruang kelas di SDN Pancoranmas 3, Depok, belum juga diperbaiki. Wali Kota Depok Mohammad Idris membuka kemungkinan perbaikan menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT). Namun ternyata anggaran BTT juga cekak. Sumber dana lain dicari untuk memperbaiki ruang kelas.

"Kalau BTT kapan saja terjadi bencana sudah harus ada tindakan. Tapi kalau nggak salah, BTT kita memang masih perlu ada tambahan," papar Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Kamis (19/5/2022).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)Wali Kota Depok Mohammad Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)

Untuk menyiasatinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bisa melakukan pergeseran anggaran atau tambahan di perubahan. Namun, untuk perubahan, lanjutnya, baru bisa terealisasi pada Oktober nanti.

"Sementara bencana terjadi terus, makanya harus ada pergeseran. Pergeseran artinya ada anggaran-anggaran yang tidak efektif atau tidak efisien kita buat. Itu bisa digeser untuk kegiatan-kegiatan BTT seperti itu," ungkap Idris.

Wakil Ketua DPRD Depok Hendrik Tangke Allo (berbaju kemeja kotak-kotak) meninjau SDN Pancoranmas 3 yang atapnya ambruk. Rabu (11/9/2022).Wakil Ketua DPRD Depok Hendrik Tangke Allo (berbaju kemeja kotak-kotak) meninjau SDN Pancoranmas 3 yang atapnya ambruk. Rabu (11/9/2022). (Dwi Rahmawati/detikcom)

Idris pun menjelaskan beberapa tindakan lain yang bisa dilakukan Pemkot. Di antaranya memakai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun dari non-APBD. Dia membuka kemungkinan, perbaikan ruang kelas yang luluh lantak dihantam angin-hujan itu bisa menggunakan dana APBD, non-APBD, hingga zakat.

"Maka yang kita gandeng adalah BJB (Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten). Saya minta segera direalisasi dan juga lewat Baznas dan zakat nasional. Dan juga saya mulai gandeng badan zakat yang sifatnya bukan dari pemerintah, tapi memang lembaga keswadayaan," sambungnya.

@detikcom Atap SD Pancoranmas Depok, Jawa Barat,ambruk. Murid-murid jadi terganggu proses belajar mengajarnya.detikcom, do your magic!!!#detikcom #detik #detikcomdoyourmagic #sekolahrusak #atapsekolahambruk ♬ original sound - detik.com

Sebelumnya, Sekretaris Komisi D, Rudy Kurniawan, meminta pemerintah bertindak cepat. Jika ada kendala di anggaran, bisa digunakan biaya tak terduga (BTT).

"Ini kan tugas Pemkot dalam hal ini memang anggarannya kita sudah siapkan, artinya bisa pakai BTT, biaya tak terduga," ungkap Rudy.

"Mohon Pemerintah Kota untuk segera dibangun, segera direhab. Soalnya, kan nanti proses belajar nanti keganggu," tandas Rudy.

Hal serupa diungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Depok Edi Masturo. Ia mengatakan perbaikan atap SDN Pancoranmas 3 Depok itu disebut terkendala acc atau persetujuan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris.

"Kami sudah turun langsung dan mengawal langkah-langkah birokrasinya. Namun mentok di kebijakan anggaran yang belum di-acc Wali Kota. Bahkan Kepala Dinas Rumah dan Permukiman (Disrumkim) selalu ketika ada kegawatdaruratan yang sifatnya emergency, jawabannya silakan minta memo Wali Kota," kata Edi Masturo kepada detikcom, Rabu (11/5).

Simak juga 'Saat Dentuman Keras di Depok, Warga Diminta Tak Panik':

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/dnu)