Bima Arya Ungkap Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres Koalisi Indonesia Bersatu

Muchamad Sholihin - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 16:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya berkunjung ke Inggris. Seperti apa gaya dua pemimpin daerah ini saat berkunjung ke sana?
Ridwan Kamil dan Bima Arya (Istimewa/Dok. Rudiana)
Bogor -

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut Wali Kota Bogor Bima Arya masuk bursa calon presiden (capres) yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu. Bima menyebut Ridwan Kamil sangat siap maju dan berkompetisi dalam Pilpres 2024.

"Di PAN, Kang Emil mendapat simpati yang sangat tinggi dan kami sepakat terus membangun komunikasi dan silaturahmi, untuk menjajaki Kang Emil menjadi salah satu calon yang akan diusung oleh PAN nanti. Dalam koalisi bertiga (PAN, Golkar, PPP) Kang Emil masuk bursa," kata Bima Arya di Kota Bogor, Kamis (19/5/2022).

Bima mengatakan Kang Emil dianggap sudah sangat siap maju dalam Pilpres 2024 karena berbagai faktor. Selain memiliki modal basis politik di Jawa Barat, Kang Emil disebut selalu masuk 5 besar dalam survei capres dan cawapres.

"Kang Emil sangat siap untuk maju berkompetisi, memperoleh tiket pilpres. Posisi Kang Emil juga bagus, selalu 5 besar dalam survei. Punya modal basis politik di Jawa Barat. Punya modal jam terbang pemerintahan dan tingkat aksesibilitas yang tinggi, muslim juga," sebut Bima yang menjabat Ketua DPP PAN ini.

"Jadi menurut saya Kang Emil sangat memiliki kompetensi dan kualifikasi dan kami juga sepakat membangun terus komunikasi," tambah Bima.

Meski demikian, kata Bima, nama-nama lain masih berpeluang untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu. Sebab, menurutnya, masing-masing partai dalam koalisi bersatu juga akan menyerahkan nama-nama yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

"(Tokoh lain) tentunya ada. Dari PAN, PPP, dan Golkar. Pada perjalanannya kemudian koalisi ini akan melakukan proses untuk seleksi kepemimpinan nasional, akan mengundang tokoh-tokoh dan terbuka juga bagi akan datang. Selain bursa gagasan, bursa pimpinan juga akan menjadi fokus koalisi ini," kata Bima.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat Video: Sambangi Airlangga, Ridwan Kamil Ditanya soal Partai: Semua Memungkinkan

[Gambas:Video 20detik]