Koalisi Indonesia Bersatu Pertimbangkan Usung RK di 2024, PSI Tak Mau Kalah

Matius Al - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 06:58 WIB
Raja Juli Antoni
Raja Juli Antoni (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

PPP sebagai salah satu partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu buka suara soal kemungkinan mengusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) di 2024. PSI juga membuka peluang untuk mengusung RK sebagai salah satu kandidat capres di 2024.

"PSI sudah mengumumkan 9 kandidat calon pengganti Pak Jokowi dalam Rembuk Rakyat. Kang Emil salah satu dari 9 kandidat itu," kata Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni saat dihubungi, Selasa (17/5/2022).

"Di Jabar, selain nama Ganjar Pranowo, nama Kang Emil sangat populer, terutama di daerah Bandung dan Priyangan Timur. Wajar kalau DPW Jabar mengusung nama Kang Emil," lanjut dia.

Lebih lanjut, Raja Juli mengungkap alasan PSI tetap kekeuh tak mau kalah untuk membuka peluang mengusung RK di 2024. Dia menyebut RK merupakan sosok yang memiliki pendekatan teknokratis yang kuat.

"Orangnya hebat. Pendekatan teknokratisnya sangat kuat," imbuh dia.

Kemudian, Raja Juli juga menyebut kemungkinan RK diusung PSI juga atas masukan dari DPD dan DPW PSI se-Indonesia. Dia juga menilai tidak masalah jika ada banyak kandidat di Pilpres 2024.

"PSI menerima masukan dari pengurus DPD dan DPW PSI se Indonesia. Rembuk Rakyat yang melahirkan 9 nama kandidat pengganti Pak Jokowi juga merupakan usulan dari jaringan PSI. Pada prinsipnya, semakin banyak kandidat presiden makin baik. Rakyat punya kesempatan memilih yang terbaik. Bukan 4L. Lo Lagi Lo Lagi," tutur dia.

Simak video 'PPDB Jabar 2022, Ridwan Kamil: Insyaallah Paling Adil':

[Gambas:Video 20detik]