ADVERTISEMENT

Jokowi Didorong Ganti Menteri Berahi Nyapres

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 15:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kepuasan atas Kinerja Jokowi Turun

Untuk diketahui, sejumlah lembaga survei memang menampilkan hasil survei yang menunjukkan kepuasan atas kinerja Jokowi menurun. Salah satunya Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang merilis hasil survei kepuasan digital natives atau milenial atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil survei itu menunjukkan kepuasan masyarakat, khususnya milenial, atas kinerja Jokowi menurun.

Survei LSJ ini dilakukan pada 15-28 April 2022 dengan melibatkan 1.225 sampel di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel survei yang diambil yakni masyarakat berusia 15 hingga 34 tahun yang melek internet (digital natives) atau dikategorikan sebagai milenial.

Margin of error survei ini dilaporkan +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.

LSJ menanyakan pendapat kaum milenial terkait kinerja Jokowi dan Ma'ruf Amin. Berdasarkan jawaban para responden, mayoritas generasi digital atau 63,2% responden puas atas pemerintahan Jokowi.

Berikut hasil survei kepuasan publik atas kinerja Jokowi:

Puas 63,2%
Tidak puas 30,5%
TT/TJ 6,3%

Meskipun cukup tinggi, jika dibandingkan dengan survei LSJ sebelumnya pada Februari 2022, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi mengalami penurunan. Saat itu, terekam kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi masih sebesar 67,4%.

Kemudian Indikator Politik Indonesia juga merekam kepuasan kinerja Jokowi turun menjadi 59,9 persen pada 19 April 2022. Angka kepuasan itu turun yang awalnya terekam 75,3 persen pada survei yang sama pada Januari 2022.

Dalam rilisnya, Selasa (26/4), Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan metode survei dengan populasi memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 1.220 orang.

Dari jumlah sampel 1.220 orang, margin of error atau toleransi kesalahan sebesar +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan teknik wawancara tatap muka langsung pada 14-19 April.

Berikut hasil survei kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi versi Indikator Politik Indonesia:

Sangat puas: 10,2%
Cukup puas: 49,7%
Kurang puas: 30,5%
Tidak puas: 8,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 1,5%


(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT