Beda 3 Pekan, 2 Survei soal Kepuasan terhadap Jokowi Beda Jauh

Matius Al - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 11:15 WIB
Presiden RI Ir Joko Widodo
Presiden Jokowi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Dua lembaga survei mengeluarkan hasil survei kepuasan kinerja Jokowi. Kedua survei tersebut bertolak belakang.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Jokowi drop, sedangkan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan peningkatan kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi. Meski begitu, kepuasan kinerja Jokowi di kedua survei terekam masih berada di atas angka 50 persen.

Indikator Politik Indonesia

Indikator Politik Indonesia merekam kepuasan kinerja Jokowi turun menjadi 59,9 persen pada 19 April 2022. Angka kepuasan itu turun yang awalnya terekam 75,3 persen pada survei yang sama pada Januari 2022.

Dalam rilisnya, Selasa (26/4), Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan metode survei dengan populasi memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 1.220 orang.

Dari jumlah sampel 1.220 orang, margin of error atau toleransi kesalahan sebesar +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan teknik wawancara tatap muka langsung.

Berikut hasil survei kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi versi Indikator Politik Indonesia:

Sangat puas: 10,2%
Cukup puas: 49,7%
Kurang puas: 30,5%
Tidak puas: 8,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 1,5%

"Di bulan April 14 sampai 19 April, yang puas atau sangat puas itu kalau total 59,9 persen, yang kurang puas 38,6 persen, jadi lebih banyak yang puas. Bagaimana trennya? Trennya ada penurunan," kata Burhanuddin.

Burhanuddin menjelaskan, pada awal Januari 2022, saat itu masyarakat yang puas akan kinerja Jokowi 75,3 persen. Kepuasan terhadap kinerja Jokowi itu tertinggi selama pemerintahannya, tapi menjelang April trennya turun.

Lihat juga video 'Indikator Politik Ungkap 35% Warga Tak Puas Kinerja Jokowi, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



Simak hasil survei SMRC yang bertolak belakang di halaman berikutnya.