SMRC: 76% Responden Puas Kinerja Pemerintah Urus Mudik 2022

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 20:39 WIB
Rest Area KM 62 B Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat, menjadi pilihan pemudik arus balik. Suasana di kawasan tersebut kini ramai.
Rest Area KM 62 B Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat, menjadi pilihan pemudik untuk istirahat. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah dalam mengatur penyelenggaraan mudik Lebaran 2022. Hasilnya, sebanyak 76% responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah.

Survei SMRC ini dilakukan pada 10-12 Mei 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.245 responden.

Sampel dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan wawancara melalui telepon. Margin of error diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

"Sekitar 76% warga merasa sangat dan cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini. Yang merasa kurang dan tidak puas sama sekali ada 9%, dan yang tidak tahu dan tidak jawab 15%," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas melalui keterangan tertulis, Rabu (18/5/2022).

Berikut rincian tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah dalam mengatur mudik 2022:

Sangat puas 7%

Cukup puas 69%

Kurang puas 8%

Tidak puas sama sekali 1%

Tidak jawab 15%

Selain itu, SMRC mencatat mayoritas warga menyatakan puas terhadap pelayanan transportasi umum saat periode mudik. Hanya 11% warga yang menyatakan tidak puas.

"Dari warga yang mudik dengan transportasi umum, mayoritas, 88%, merasa sangat dan cukup puas dengan pelayanan transportasi umum tersebut selama mudik Lebaran kemarin. Sementara yang kurang dan tidak puas ada 11%. Yang tidak menjawab 1%," lanjut Sirojudin.

Sirojudin memaparkan warga yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022 dan mengendalikan pandemi cenderung menyatakan sikap yang sama terhadap kinerja Jokowi.

"Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 dan penyelenggaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitu pun sebaliknya," ujarnya.

Simak juga 'Survei Indikator Ungkap 73,8% Warga Puas dengan Penanganan Arus Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/aik)