Kepuasan Pada Jokowi Turun di Survei, Reshuffle Dinilai Bisa Jadi Solusi

Matius Al - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 11:45 WIB
Hendri Satrio
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kepuasan atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) anjlok dalam survei Indikator Politik Indonesia. Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat membeberkan 2 solusi demi mengatasi anjloknya kepuasan atas kinerja Jokowi.

Awalnya, Hensat berbicara terkait penyebab anjloknya kepuasan atas kinerja Jokowi. Dia menduga penyebabnya faktor ekonomi masyarakat.

"Penyebabnya yang jelas hal-hal yang ada kaitannya dengan kebutuhan ekonomi masyarakat, naiknya harga barang pokok, kelangkaan minyak goreng, tentang tenaga kerja, ya memang belum pulih benar dari COVID ya, tapi faktor ekonomi pasti masih menjadi handicap terbesar pemerintah dalam membahagiakan masyarakat," kata Hensat kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Lebih lanjut, Hensat menyebut sebetulnya ada 2 solusi yang bisa dilakukan Jokowi agar kepuasan masyarakat tak merosot lagi. Salah satunya, kata dia, dengan mengganti orang-orang dalam kabinetnya.

"Solusinya menurut saya ada 2, pertama perbaikan tim, jadi kalau Pak Jokowi merasa ada hambatan hambatan dalam pelaksanaan program program kerjanya, walaupun tinggal 2 tahun lagi, kalau mau reshuffle ya reshuffle aja, karena hanya dengan pergantian pemain itu bisa dijaga kemenangan Pak Jokowi atau prestasi Pak Jokowi yang baik selama beliau menjadi presiden," jelasnya.

"Karena sejarah tidak pernah mencatat keberhasilan dan kegagalan menteri tetapi keberhasilan dan kegagalan presiden, itu pertama reshuffle," lanjut dia.

Simak juga video 'Indikator Politik Ungkap 35% Warga Tak Puas Kinerja Jokowi, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]