ADVERTISEMENT

Komisi II DPR Sepakati Anggaran hingga Kampanye Pemilu 2024 Pekan Depan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 13:45 WIB
Rapat jadwal pemilu 2024, Senin (24/1/2022). (Eva Safitri/detikcom).
Ilustrasi rapat Komisi II DPR RI. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Komisi II DPR bakal mengadakan rapat kerja (raker) pengambilan keputusan terkait tahapan Pemilu 2024 bersama pemerintah, KPU, Bawaslu, dan DKPP. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan rapat itu akan digelar pekan depan.

"Hasil kesepakatan dalam konsiyering akan segera kita bicarakan untuk selanjutnya diambil keputusan dalam rapat kerja antara Komisi II, pemerintah, dan penyelenggara pemilu yang sudah diagendakan pada pekan datang, yaitu hari Senin, 23 Mei 2022," ujar Guspardi dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Guspardi mengatakan raker tersebut digelar guna menindaklanjuti penyamaan persepsi dalam rapat konsinyering, Jumat (13/5) lalu. Hal yang akan dibahas dan disepakati meliputi tahapan, program, anggaran, dan jadwal Pemilu 2024.

"Rapat konsinyering tersebut dimaksudkan sebagai upaya mencari kesepahaman dan kesepakatan tentang tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024. Termasuk juga membahas lebih detail terkait anggaran yang dinilai masih jumbo," ujar Guspardi.

Setidaknya, ada sejumlah isu krusial yang dibicarakan dalam rapat konsinyering. Pertama, masalah anggaran pemilu yang disepakati sebesar Rp 76 triliun. Kedua, terkait durasi masa kampanye yang disepakati sebanyak 75 hari.

Guspardi menyebut durasi masa kampanye sebanyak 75 hari itu disepakati KPU dengan catatan logistik pemilu perlu difasilitasi oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah diminta menyiapkan regulasi pendukung dengan mengeluarkan keppres oleh Presiden terkait pengadaan logistik Pemilu 2024.

"Dengan catatan, hal-hal yang berkaitan dengan logistik pemilu perlu difasilitasi pemerintah dengan menyiapkan regulasi pendukung dengan mengeluarkan keppres oleh Presiden guna mendukung pengadaan logistik pemilu 2024," ujar politikus PAN itu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT