Boyamin Saiman Dipanggil KPK di Kasus TPPU Bupati Banjarnegara Selasa Besok

Zunita Putri - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 10:33 WIB
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman (Azhar Bagas/detikcom)
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman (Azhar Bagas/detikcom)
Jakarta -

KPK menjadwalkan pemanggilan kepada Koordinator Masyarakat Anti-korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Dia dipanggil berkaitan dengan perkara tindak pencucian uang (TPPU) Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono (BS).

"Benar, informasi yang kami terima, Selasa (17/5) bertempat di gedung Merah Putih, tim penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan Saudara Bonyamin Saiman sebagai saksi dalam perkara dugaan TPPU dengan tersangka BS," ujar Plt Jubir KPK ALi Fikri kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Boyamin dipanggil sebagai sebagai Direktur PT Bumirejo. KPK yakin Boyamin akan kooperatif memenuhi panggilan ini.

"KPK meyakini yang bersangkutan akan hadir memenuhi panggilan dan bersikap kooperatif serta saat di hadapan Tim Penyidik bersikap jujur dan terus terang serta tidak akan menutupi berbagai fakta yang diketahuinya," katanya.

Ali menyebutkan tim penyidik KPK telah memiliki alat bukti diantaranya keterangan berbagai pihak dan bukti lainnya terkait dugaan TPPU. Ali mengatakan saksi dalam kasus ini juga akan dimintai konfirmasi berkaitan TPPU.

"Berikutnya, seluruh keterangan saksi yang dituangkan dalam BAP, nantinya juga akan dikonfirmasi dengan berbagai alat bukti dan keterangan seluruh saksi lainnya di depan majelis hakim," ucap Ali.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka. KPK menemukan bukti kuat terkait TPPU yang dilakukan Budhi.

KPK menduga Budhi melakukan upaya penyamaran, penyembunyian, dan penghilangan kekayaan yang diperolehnya dari hasil korupsi.

Lihat juga video 'MAKI Bawa Perkara Pemberhentian 51 Pegawai KPK ke MK':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)