Hoax Timpa Menag Yaqut: Elus Pipi Bukan Muhrim, Rangkul Ragil Mahardika

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 11:17 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Dok istimewa)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Menag Yaqut Cholil Qoumas lagi-lagi diterpa hoax. Dulu dia difitnah soal mengelus pipi perempuan yang bukan muhrim, sementara kini Menag Yaqut diterpa hoax 'merangkul Ragil Mahardika'.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi merasa ada kelompok yang ingin mem-framing buruk sejumlah tokoh agama seperti Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Framing buruk dilakukan dengan cara membuat editan video serta foto yang berisi fitnah kemudian diunggah di media sosial.

"Saya menengarai ada kelompok yang bertujuan melakukan proses pembusukan terhadap para tokoh agama yang kebetulan menjabat sebagai pejabat negara di masa pemerintahan Pak Jokowi dengan membuat framing negatif melalui media sosial," kata Zainut melalui keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022).

Zainut mencontohkan bentuk framing yang berisi fitnah seperti video salat jenazah Wapres Ma'ruf Amin dengan gerakan ruku dan sujud. Selain itu, foto editan Menag Yaqut merangkul pria LGBT Ragil Mahardika.

"Contohnya viral di media sosial tentang gerakan salat jenazah yang dialamatkan kepada Wakil Presiden Bapak KH Ma'ruf Amin dengan gerakan ruku dan sujud. Juga foto Menteri Agama Yaqut merangkul Ragil Mahardika yang viral di media sosial akhir-akhir ini," ujarnya.

"Video dan foto tersebut setelah melalui pengamatan para ahli hasilnya dinyatakan palsu dan merupakan hasil rekayasa editan. Jadi baik video wapres salat jenazah dan foto Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika adalah bentuk fitnah yang keji," kata Zainut.

Dengan adanya hoax ini, tercatat Menag Yaqut sudah berulang kali diterpa hoax. Dari soal mengelus pipi perempuan yang bukan muhrim hingga hoax 'merangkul Ragil'.

Bagaimana hoaxnya? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Persiapan Haji 2022, Menag Yaqut Perintahkan Jajarannya Tidak Cuti Mudik

[Gambas:Video 20detik]